Benarkah Obat Kumur Bisa Membunuh Virus Corona? Ini Faktanya

Vania Rossa | Frieda Isyana Putri
Benarkah Obat Kumur Bisa Membunuh Virus Corona? Ini Faktanya
Ilustrasi obat kumur. (Shutterstock)

Beberapa studi lain juga menyoroti fakta bahwa virus corona tidak bertahan di dalam mulut.

Suara.com - Sebuah riset baru menyebutkan bahwa obat kumur bisa membantu mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Dikutip dari AsiaOne, dalam studi tersebut peneliti menemukan bahwa ada strain virus yang mirip terperangkap dalam membran lemak seperti virus corona.

Dan senyawa tertentu yang terdapat di dalam obat kumur bisa menghancurkan membran ini dan mematikan virus yang ada di dalam mulut dan tenggorokan.

Zat kimia yang menghancurkan membran lemak (lipid) ini termasuk ethanol, povidone-iodine, dan cetylpyridinium.

"Yang kami belum tahu apakah obat kumur yang tersedia aktif melawan membran lemak yang berisi SARS-CoV-2," kata peneliiti dan ketua penulis studi Prof Valerie O'Donnell, rekan direktur dari Cardiff University's Systems Immunity Research Institute.

Ia melanjutkan, dalam eksperimen tabung tes dan studi klinis yang terbatas, beberapa obat kumur mengandung cukup bahan pembunuh virus yang secara efektif menarget membran lipid dalam virus yang serupa.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menepis anggapan ini setelah diketahui belum ada bukti yang menyebutkan bahwa obat kumur bisa melindungi kita dari virus corona Covid-19.

O'Donnell dan peneliti lainnya telah menyerukan penelitian yang lebih mendesak untuk menentukan apakah produk kebersihan mulut sederhana dapat berpotensi mengurangi penularan virus corona, terutama pada tahap awal infeksi.

Beberapa studi lain juga menyoroti fakta bahwa virus corona tidak bertahan di dalam mulut, dan berkumur tidak cukup untuk membasmi virus di paru-paru.

O'Donnell juga memperingatkan bahwa penggunaan obat kumur yang sering akan menyebabkan inflamasi dalam mulut dan tenggorokan.

Oleh karena itu, sampai riset ini selesai, hal terpenting yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularan virus corona adalah masih dengan perilaku hidup bersih dan sehat, mengikuti anjuran social distancing, dan mengenakan masker saat bepergian keluar rumah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS