Zaskia Adya Mecca Hamil Anak Kelima, Apakah Wanita Memiliki Batasan Hamil?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Zaskia Adya Mecca Hamil Anak Kelima, Apakah Wanita Memiliki Batasan Hamil?
Zaskia Adya Mecca hamil anak ke-5? - (Instagram/@zaskiadyamecca)

Zaskia Adya Mecca baru-baru ini mengumumkan kehamilannya melalui akun Instagram.

Suara.com - Saat ini artis Zaskia Adya Mecca sedang hamil anak kelima. Istri Hanung Bramantyo itu mengumumkan kehamilan kelimanya ketika momen lebaran.

Mulanya, ia membuat caption perut besar itu akibat mengonsumsi lontong opo, sambal goreng hati dan makanan lebaran lainnya. Beberapa hari setelahnya, Zaskia akhirnya mengaku sedang hamil anak kelima.

"Oke benerrr, isinya bayi yang dikasih makan ketupat juga lontong sayur dan sambel goreng ati juga opor," tulis Zaskia pada keterangan foto.

Sebelumnya, Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo sudah dikaruniai 4 anak, yakni Sybil, Kala, Kaba dan Bhre. Kehamilan kelima ini tentu membawa kebahagiaan bagi rumah tangga mereka.

Tetapi, apakah ada batasan berapa kali wanita bisa hamil? Karena, banyak orang mungkin tercengang ketika mendengar Zaskia Adya Mecca hamil anak kelima.

Ilustrasi ibu hamil. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu hamil. (Shutterstock)

Pada dasarnya dilansir dari Hello Sehat, kehamilan bisa terjadi bila ada pembuahan yang memerlukan sel telur dan sperma.

Sel telur wanita ini biasa akan luruh saat menstruasi yang mulai di masa pubertas, biasanya dimulai sejak usia 12 tahun. Sel telur ini akan habis bila wanita sudah memasuki masa menopause.

Karena itu, tidak ada batasan kaku mengenai berapa kali wanita bisa hamil. Wanita bisa hamil beberapa kali tergantung pada ketersediaan sel telurnya. Selain ketersediaan sel telur, kondisi kesehatan fisik dan mental sang ibu juga perlu diperhatian sebelum hamil lagi.

Meski begitu, wanita yang hamil dan pernah melahirkan lebih dari 5 kali mungkin memiliki risiko masalah kesehatan tertentu.

Seorang wanita yang melahirkan lebih dari 5 sampai 6 kali disebut multi gravida atau multi paritas. Multi gravida adalah berapa kali orang hamil dan mulit paritas itu seberapa banyak orang melahirkan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS