Haruskah Tetap Pakai Masker di Rumah saat Pandemi Corona? Studi Menjawab

Yasinta Rahmawati
Haruskah Tetap Pakai Masker di Rumah saat Pandemi Corona? Studi Menjawab
Artis pakai masker kain. (Instagram/@anggun_cipta)

Namun bagi yang mungkin merasa tidak nyaman dan tidak masuk akal untuk terus pakai masker di rumah, ada alternatif lain.

Suara.com - Selalu pakai masker saat keluar rumah menjadi protokol kesehatan yang harus dipatuhi semua pihak di tengah pandemi corona Covid-19 saat ini. Namun, apakah pakai masker di dalam rumah juga diperlukan?

Menurut sebuah studi baru, orang-orang harus terus memakai masker wajah bahkan ketika mereka berada di rumah untuk memastikan bahwa semua orang benar-benar aman dari pandemi coronavirus.

Dilansir dari Medical Daily, para ahli dan peneliti kesehatan masyarakat menemukan memakai masker bahkan saat berada di rumah mungkin merupakan cara yang lebih baik dalam memperlambat penyebaran virus corona Covid-19.

Diterbitkan di BMJ Global Health, studi baru menunjukkan bahwa kita dapat mengurangi risiko menginfeksi seseorang hingga 79 persen, jika kita terus mengenakan masker bahkan saat kita di rumah. Terutama jika seseorang di dalam rumah itu positif Covid-19.

Namun demikian, bagi kita semua yang mungkin merasa tidak nyaman dan tidak masuk akal untuk terus memakai masker di rumah, ada alternatif lain.

Ilustrasi anak pakai masker. (Shutterstock)
Ilustrasi anak pakai masker. (Shutterstock)

Sebab penelitian ini juga menemukan bahwa secara teratur menggunakan pemutih atau disinfektan yang disetujui untuk membersihkan permukaan benda di rumah sama-sama mengurangi risiko penyebaran virus sekitar 77 persen.

"Studi ini mengkonfirmasi risiko penularan tertinggi sebelum timbulnya gejala, dan memberikan bukti pertama tentang efektivitas penggunaan masker, desinfeksi dan jarak sosial dalam mencegah Covid-19," tulis para peneliti dalam penelitian tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS