Bayi Belajar Jalan, Ini 3 Alat Bantu yang Bisa Digunakan

Vania Rossa
Bayi Belajar Jalan, Ini 3 Alat Bantu yang Bisa Digunakan
Bayi belajar jalan. (Shutterstock)

Bayi Anda sudah mulai belajar jalan? Yuk, belikan alat bantu untuk belajar jalan berikut!

Suara.com - Senangnya ketika melihat bayi Anda sudah mulai menapakkan kaki mungilnya ke lantai. Itu pertanda ia akan segera memiliki kemampuan baru, yaitu berjalan. Nah, untuk membantu bayi belajar jalan, Anda bisa memberinya alat bantu yang memudahkan proses belajar berjalannya.

Apa saja alat bantu bayi belajar jalan yang bisa Anda pilih? Simak rekomendasinya berikut ini.

1. Baby walker

Baby walker, alat bantu bayi belajar jalan. (Serbada.com)
Baby walker, alat bantu bayi belajar jalan. (Serbada.com)

Cara menggunakannya adalah dengan mendudukkan anak ke sebuah kursi beroda. Namun, pemberian baby walker menimbulkan pro dan kontra. Di satu sisi, baby walker membuat bayi menjadi lebih mudah bereksplorasi karena bantuan roda di baby walker.

Namun, efek roda pada baby walker disebut tidak membuat anak belajar berjalan sendiri. Baby walker juga disebut membahayakan keselamatan anak karena rentan terjadi kecelakaan atau terjatuh saat si kecil bergerak ke sama kemari.

Jika Anda memilih baby walker, disarankan untuk tetap memperhatikan si kecil dengan baik. Jangan sampai lengah saat ia asyik ke sana kemari dengan baby walker-nya.

2. Push walker

Push walker, alat bantu bayi belajar jalan. (Serbada.com)
Push walker, alat bantu bayi belajar jalan. (Serbada.com)

Mirip seperti troli belanja, push walker mengharuskan anak mendorong agar ia bisa berjalan. Saat push walker bergerak maju, otomatis bayi akan melangkah perlahan dan berjalan.

Push walker didesain seperti halnya mainan dengan warna-warna menarik dan dilengkapi suara-suara yang menarik perhatian bayi.

Tapi hati-hati, ya, pada bayi yang baru pertama kali belajar jalan, pastikan Anda memegangi push walker agar tidak bergerak terlalu cepat yang malah akan menyebabkan bayi terjatuh.

3. Baby moon walker

Baby moon walker, alat bantu bayi belajar jalan. (Serbada.com)
Baby moon walker, alat bantu bayi belajar jalan. (Serbada.com)

Prinspi kerja baby moon walker mirip seperti boneka marionette, boneka bertali yang dikendalikan dari atas. Anda tinggal memasang semacam sabuk ke selangkangan si kecil, mengencangkannya, dan memegang tali kendali di atas kepala si kecil ketika ia belajar melangkahkan kakinya.

Alat bantu ini memberikan kontrol penuh kepada orangtua untuk mengajari anak berjalan, sehingga agak membatasi gerak anak. Tapi, baby moon walker jauh lebih aman karena anak tidak akan berjalan ke tempat-tempat berbahaya.

Nah, setelah mengenal alat bantu bayi belajar jalan, sudahkah Anda memutuskan yang mana yang akan Anda beli untuk si kecil? Apapun pilihan Anda, belanja dari rumah aja di ya. Selain alat bantu bayi belajar jalan, Anda juga bisa menemukan berbagai kebutuhan bayi dan anak lainnya, mulai dari pakaian, kolam renang karet, car seat, hingga mainan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS