Dokter Italia Sebut Virus Corona akan Melemah, Begini Tanggapan WHO!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Dokter Italia Sebut Virus Corona akan Melemah, Begini Tanggapan WHO!
Virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Seorang dokter di Italia menyebut bahwa virus corona Covid-19 berpotensi melemah, tak seperti awal mula pandemi.

Suara.com - Kasus virus corona Covid-19 telah meningkat cepat di awal pandemi. Tetapi, virus corona Covid-19 ini mungkin akan semakin melemah seiring berjalannya waktu.

Seorang dokter di Italia mengklaim bahwa virus mematikan itu bisa sangat melemah dibandingkan dengan virus yang menyebar di seluruh dunia ketika awal pandemi.

Dr Alberto Zangrillo, Kepala Rumah Sakit San Raffaele Milan dilansir oleh Express, mengatakan virus ini sekarang jauh lebih mematikan di Italia.

Tapi, pasien yang baru terinfeksi menunjukkan gejala yang jauh lebih ringan dan jumlah virus dalam sistem tubuhnya yang menurun signifikan.

Sebuah teori ilmiah menunjukkan bahwa virus bisa menjadi lemah untuk bertahan hidup, karena virus telah membunuh atau melumpuhkan banyak inang manusia. Sehingga itu akan membatasi kapasitas virus menyebar.

Selama 7 hari terakhir, rata-rata jumlah kasus yang didiagnosis sebanyak 114 ribu di dunia. Bila dibandingkan dengan minggu pertama bulan Mei 2020, rata-rata jumlah kasus yang didiagnosis hanya 86 ribu.

Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]
Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]

Statistik didorong dengan cepat dengan memburuknya wabah yang terkena dampak di Amerika Selatan, India dan Rusia.

Matteo Bassetti, kepala penyakit menular di rumah sakit San Martino di kota Geneo menegaskan kembali pernyataan Dr Zangrillo. Menurutnya, kekuatan virus pada 2 bulan lalu tidak akan sama seperti sekarang.

Dr Donald Yealy, seorang peneliti di University of Pittsburgh Medical Center juga mengatakan dirinya peraya bahwa virus pasti berubah.

Beberapa pola menunjukkan bahwa virus melemah. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah pasien positif virus corona Covid-19 yang berkurang dan tak ada lagi yang memakai ventilator.

"Pada kenyataannya, virus secara klinis tidak ada lagi di Italia. Kita harus kembali menjadi negara normal," kata Dr Zangrillo.

Meski begitu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah membantah bahwa virus corona Covid-19 bisa melemah.

"Dalam hal penularan, potensi virus corona tidak akan berubah. Begitu pula dalam tingkat keparahannya menginfeksi manusia," kata Maria Van Kerkhove, epidemiolog di WHO.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS