Langka, Dokter Berhasil Sambung Penis yang Telah Terputus Seharian

Bimo Aria Fundrika
Langka, Dokter Berhasil Sambung Penis yang Telah Terputus Seharian
Ilustrasi penis / Mr P lelaki. (Shutterstock)

Ini merupakan waktu terlama organ tanpa pasokan darah dan masih berhasil ditanam kembali.

Suara.com - Ahli bedah di Inggris telah berhasil menyambungkan kembali penis laki-laki hampir sehari setelah alat vital itu terputus. Ini merupakan waktu terlama organ tanpa pasokan darah dan masih berhasil ditanam kembali.

Dilansir dari Science alert, dikabarkan bahwa enam minggu setelah operasi, uretra pria muda itu tidak hanya bekerja sekali lagi. Namun sensasinya juga telah kembali ke penisnya. Berkat arteri dan vena yang dipasang kembali dengan hati-hati, pasien bahkan dapat mencapai ereksi penuh.

Ilustrasi transplantasi penis (Shutterstock).
Ilustrasi transplantasi penis (Shutterstock).

"Oleh karena itu, keberhasilan kasus ini harus mendorong ahli bedah untuk mencoba replantasi penis, bahkan dengan waktu iskemia [kehilangan pasokan darah] yang berkepanjangan, karena kemungkinan keberhasilan dan potensi efek fisik dan psikososial dari kehilangan organ bagi pasien," tulis ahli bedah dari Rumah Sakit Universitas Birmingham NHS Foundation Trust.

Perekatan kembali penis, atau replantasi, jarang terjadi hanya seratus atau lebih yang telah dicatat dalam literatur medis.

Tetapi ketika amputasi terjadi, penting untuk bergerak cepat untuk memberikan kesempatan terbaik bagi jaringan yang diremajakan untuk bertahan hidup.

Pemasangan kembali yang berhasil adalah prosedur darurat yang membutuhkan bedah mikro yang rumit, dengan masukan spesialis dari ahli bedah urologi dan plastik, sesegera mungkin.

Sayangnya, perawatan sering tertunda, karena hanya sedikit dokter yang mengetahui apa yang harus dilakukan dan keadaan darurat tidak terdokumentasi dengan baik dalam literatur.

Sebuah kasus medis yang dilaporkan lebih dari dua dekade lalu menggambarkan penis seorang anak berusia 4 tahun berhasil dipasang kembali 18 jam setelah cedera awal. Secara umum, setelah sehari terpisah, tingkat keberhasilan penanaman kembali sangat rendah.

Ahli bedah di Birmingham nyaris tidak berhasil di bawah tanda 24 jam. Pasien mereka adalah seorang pria berusia 34 tahun dengan riwayat skizofrenia paranoid yang telah mencoba untuk mengambil hidupnya sendiri selama episode psikotik.

Ditemukan 15 jam kemudian, pasien segera dibawa ke rumah sakit di mana ia diresusitasi dan didorong ke ruang operasi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS