Jambu Biji Ternyata Bisa Turunkan Tekanan Darah dan Risiko Sakit Jantung!

Angga Roni Priambodo | Fita Nofiana
Jambu Biji Ternyata Bisa Turunkan Tekanan Darah dan Risiko Sakit Jantung!
Perempuan memegang Jambu biji. (Shutterstock)

Kandungan nutrisi dalam jambu biji disebut mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Suara.com - Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung di kemudian hari sehingga penting untuk tetap menjaga kestabilannya. Tetapi buah yang sering Anda temui bisa jadi salah satu asupan untuk memerangi tekanan darah tinggi Anda, yakni jambu biji

Dilansir dari Express, Jambu biji telah terbukti mengurangi tekanan darah tinggi dan risiko keseluruhan penyakit jantung.

Sebuah studi selama 12 minggu pada 120 orang menemukan bahwa makan jambu matang sebelum makan menyebabkan penurunan keseluruhan tekanan darah sebesar delapan hingga sembilan poin. Serta penurunan total kolesterol sebesar 9,9 persen dan peningkatan kolesterol baik atau HDL sebesar delapan persen.

Sebuah studi tambahan telah mengaitkan ekstrak daun jambu biji dengan penurunan tekanan darah, penurunan kolesterol jahat atau LDL dan peningkatan kolesterol baik atau HDL.

Banyak ilmuwan percaya bahwa tingginya tingkat antioksidan dan vitamin dalam daun jambu biji dapat membantu melindungi jantung Anda dari kerusakan oleh radikal bebas, molekul tidak stabil yang menghancurkan sel.

Sementara tingginya kadar kalium dan serat larut dalam jambu biji juga dianggap berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan jantung.

Kalium menurunkan tekanan darah Anda dengan melawan efek berbahaya dari natrium (garam).

Menurut The American Heart Association (AHA), semakin banyak kalium yang Anda makan, maka semakin banyak natrium yang hilang melalui urin.

Kalium juga membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah Anda yang membantu menurunkan tekanan darah lebih lanjut.

Selain konsumsi makanan bergizi seperti jambu biji, mengurangi darah tinggi juga bisa dilakukan dengan dengan rutin olahraga intensitas sedang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS