Unggah Meme Sarkas, Putra Pertama Donald Trump Singgung Pemakaian Masker

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Unggah Meme Sarkas, Putra Pertama Donald Trump Singgung Pemakaian Masker
Putra Donald Trump, Donald Trump Jr. (AFP)

Meme ini diunggah putra pertama Donald Trump di akun Facebook miliknya sendiri.

Suara.com - Donald Trump Jr (Junior) membagikan sebuah meme yang dinilai menyesatkan di Facebook pada awal minggu ini. Meme tersebut menyinggung penggunaan masker oleh ahli virologi.

Putra pertama Presiden Amerika Serikat Donald Trump tersebut berbagi foto yang diambil di Institut Virologi di Wuhan, China, dari 2017 silam.

Foto tersebut memperlihatkan dua ahli virologi mengenakan alat pelindung diri (APD), sesuai protokol selama bekerja di dalam laboratorium.

Tertulis di foto tersebut, "This is what virologist wear to protect themselves from a virus. Don't worry, though. Your bandana probably works too."

Dalam bahasa Indonesia, kalimat itu berarti, "Ini yang dipakai ahli virologi untuk melindungi diri dari virus. Tapi jangan khawatir. Bandana kamu kemungkinan juga berfungsi."

"Poin yang kuat," komentar Trump Jr., seolah menyiratkan pemakaian masker kurang efektif menghentikan penyebaran virus corona.

Unggahan Donald Trump Jr (Facebook/Donald Trump Jr)
Unggahan Donald Trump Jr (Facebook/Donald Trump Jr)

Padahal, banyak penelitian menunjukkan masker telah terbukti membantu menekan kasus cvoid-19 secara signifikan, mengurangi kemungkinan penyebaran antarindividu.

Masker sangat ideal karena benda ini secara fisik menghentikan penyebaran partikel melalui tetesan atau droplet ketika berbicara, bersin, atau batuk.

Hal ini sesuai dengan percobaan yang ditujukan oleh mikrobiologis Rich Davis menggunakan cawan petri yang diisi kuman.

Studi tentang pemakaian masker (Twitter)
Studi tentang pemakaian masker (Twitter)

Pada hari yang sama ia membagikan meme, Trump Jr. juga berbicara mengenai pemakaian masker dalam wawancara dengan Fox Bussiness. Ia mengatakan setuju dengan kebijakan protokol kesehatan sejak adanya pandemi virus corona.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS