Catat, Ini Alasan Pendampingan Penting Saat Anak Nonton Tayangan Video

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Catat, Ini Alasan Pendampingan Penting Saat Anak Nonton Tayangan Video
Ilustrasi anak sedang menonton TV (Shutterstock)

Tayangan video bisa memberikan dampak tertentu terhadap anak-anak, terutama yang masih usia di bawah lima tahun.

Suara.com - Tayangan video bisa memberikan dampak tertentu terhadap anak-anak, terutama yang masih usia di bawah lima tahun. Saat usia emas itu perkembangan otak anak sedang berkembang pesat.

Sehingga wajar anak akan mudah menyerap juga menirukan adegan atau pun ucapan yang ditontonnya. Karena itu, Psikolog anak dari Tiga Generasi Saskhya Aulia Prima M.Psi mengatakan bahwa memilih tontonan yang sesuai dengan usia anak sangat penting.

"(Memilih tontonan anak) Itu penting banget, justru itu kunciannya. Acara digital atau screen salah satu media pembelajaran anak," kata Saskhya saat siaran langsung Instagram bersama Mother & Baby, Senin (6/7/2020).

Saskhya menjelaskan bahwa anak usia dini sebenarnya membutuhkan interaksi langsung. Sementara tontonan, menurutnya, tidak menjanjikan ada interaksi dua arah yang bisa diikuti anak.

Selain itu, anak usia di bawah lima tahun juga belum mengerti bahwa tayangan di televisi tidak selalu bisa ditiru.

Ilustrasi menonton TV (Foto: shutterstock)
Ilustrasi menonton TV (Foto: shutterstock)

"Anak, terutama yang masih di bawah lima tahun, belum bisa menyesuaikan real dan tidak real. Kalau gak tepat secara value, dia bisa ngikutin," ucapnya.

Ia mencontohkan, adegan meloncati gedung yang terjadi pada film superhero, tidak menutup kemungkinan akan ditiru anak-anak lantaran mengira kejadian tersebut nyata.

Anak-anak juga berpotensi bisa mengikuti gaya bicara hingga intonasi dari karakter sinetron yang ditonton bersama orangtuanya.

"Anak kalau lihat kita dandan dia bisa meniru juga kan. Sama tontonan juga," ucapnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS