alexametrics

Begini Cara Turunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat pada Penderita Diabetes!

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Begini Cara Turunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat pada Penderita Diabetes!
Ilustrasi diabetes (Shutterstock)

Ada tiga cara menurunkan kadar gula darah secara cepat, apa saja?

Suara.com - Bagi penderita diaebtes, tubuh mereka tidak bisa mengatur gula darah dengan baik. Entah karena pankreas tidak memproduksi insulin (diabetes tipe 1) atau tubuh menjadi kebal terhadapnya (diabetes tipe 2).

Akibatnya, mereka harus mengelola kadar gula darahnya secara hati-hati melalui menjaga pola makan, olahraga, dan mengonsumsi obat-obatan untuk memastikannya dalam angka yang sehat. Namun, terkadang gula darah bisa menjadi terlalu tinggi.

Penderita mungkin bisa menurunkannya secara cepat dengan mengonsumsi atau menyuntikkan insulin dalam jumlah lebih banyak. Tapi, beberapa orang harus dirawat di rumah sakit.

Ada beberapa gejala ketika penderita diabetes mengalami peningkatan kadar gula darah atau hiperglikemia.

Baca Juga: Saat Kadar Gula Darah Meningkat, Ini 3 Hal yang Harus Dilakukan

"Jika seseorang menderita hiperglikemia, itu artinya mereka akan sangat haus, lelah, mereka mungkin lebih sering buang air kecil dan pada dasarnya tidak enak badan," ujar Sam Zager, MD, seroang dokter pengobatan keluarga di Maine, Amerika Serikat.

Hiperglikemia tidak otomatis menjadi situasi darurat. Tidak apa-apa selama tidak terlalu tinggi atau dalam waktu lama. Jika memang terjadi, berikut beberapa cara untuk menurunkan gula darah sendiri dengan cepat, dilansir Insider:

1. Konsumsi insulin lebih banyak

Insulin dapat digunakan untuk mengobati kasus akut gula darah tinggi bagi penderita diabetes.

Orang dengan diabetes tipe 1 (yang selalu menggunakan insulin) dan beberapa orang dengan diabetes tipe 2 (yang terkadang menggunakan insulin) dapat mengonsumsi insulin dengan dosis tambahan.

Baca Juga: Bagi Penderita Prediabetes, Suplemen Kayu Manis Bisa Turunkan Kadar Gula

Berapa banyak yang dikonsumsi tergantung pada situasi dan apa yang direkomendasikan dokter.

Komentar