alexametrics

Badan Pegal dan Nyeri Setelah Olahraga, Atasi dengan Cara Ini

Vania Rossa | Lilis Varwati
Badan Pegal dan Nyeri Setelah Olahraga, Atasi dengan Cara Ini
Ilustrasi badan nyeri dan pegal setelah olahraga. (Shutterstock)

Meski bisa hilang dengan sendirinya, tapi kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut agar tak mengganggu aktivitas harian.

Suara.com - Pernahkah kamu merasa badan pegal dan nyeri pascaolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang lama seperti mendaki gunung? Jangan panik, kondisi itu sebenarnya wajar saja, kok.

Secara medis hal ini disebut sebagai delayed onset of muscle sorces (DOMS). Dokter spesialis olahraga dr. Andhika Raspati, Sp.KO menjelaskan bahwa DOMS adalah sensasi sakit pada tubuh pascaolahraga atau latihan fisik.

DOMS terjadi karena adanya kerusakan jaringan otot pada saat berolahraga atau juga disebabkan adanya penumpukan pada zat buangan seperti asam laktat kalsium.

Menurut dokter Dhika, DOMS sebenarnya bisa hilang sendiri. Namun memang membutuhkan waktu dan mungkin jadi menganggu aktivitas harian.

Baca Juga: Roll Depan Jadi Momok saat Pelajaran Olahraga, Video Ini Buktinya

"DOMS bisa hilang sendiri. Biasanya dalam satu atau dua hari," katanya dikutip dari IGTV @dhika.dr, Senin (7/9/2020).

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat penyembuhan DOMS. Salah satunya dengan melakukan olahraga ringan. Dhika menyarankan, olahraga seperti bersepeda santai atau jalan cepat.

"Bahkan kata penelitian, olahraga santai itu bisa hilangkan nyeri. Kedua bisa olahraga tanpa memaksa bagian badan yang sakit. Misalnya, yang sakit betis, masih bisa sit up, pull up, push up," katanya.

Jika tubuh masih terasa sakit, bisa dibantu dengan pijat refleksi. Cara terakhir menurut Dhika, bisa dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Prinsipnya yang perlu diingat, DOMS memang memerlukan waktu beberapa saat agar otot kembali pulih seperti semula.

"Boleh ditambah minum obat sakit nyeri, sambil nunggu waktu untuk sembuh," pungkasnya.

Baca Juga: Umurnya Masih 24, Pria Ini Alami Kebotakan karena Terlalu Sering Olahraga

Komentar