alexametrics

Konsultan Gizi Mengingatkan, Ini Lho Makanan yang Bisa Sebabkan Kanker!

Risna Halidi | Lilis Varwati
Konsultan Gizi Mengingatkan, Ini Lho Makanan yang Bisa Sebabkan Kanker!

Gaya hidup termasuk pola makan, dituduh menjadi penyebab utama seseorang bisa mengidap kanker.

Suara.com - Gaya hidup termasuk pola makan, dituduh menjadi penyebab utama seseorang bisa mengidap kanker.  Dan tahukah Anda, makanan sehari-hari seperti kacang juga bisa menjadi penyebab kanker?

Hal tersebut diutarakan oleh konsultan gizi DR. Dr. Samuel Oetoro MS SpGK (K). Ia menjelaskan bahwa kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang dapat melepaskan toksin atau racun saat diolah. 

"Kalau saat makan terasa pahit, jangan diteruskan. Itu mengandung aflatoksin, pemicu kanker nomor satu," kata Samuel dalam webinar asuransi kanker FWD, Selasa (8/9/2020).

Selain itu, lanjutnya, teflon yang lapisan anti-lengketnya mengelupas juga dipercaya dapat mencemari makanan dan mengelurkan zat aktif yang bisa memicu kanker.

Baca Juga: Berat Rebel Wilson Berhasil Turun 20kg dengan Diet Mayr, Metode Apa Itu?

Selain itu, mengolah makanan dengan cara dibakar juga bisa memicu kanker. "Makanan yang dibakar itu karbonnya akan keluar," katanya.

Tak cukup hanya itu, Samuel mengingatkan agar hati-hati dalam memilih produk makanan terutama yang mengandung perasa buatan.  "Pewarna, pengenyal, pemanis, yang memberikan rasa tapi bukan dari alamiah itu juga sumber pemicu kanker," ujarnya. 

Menjaga pola makan sehat dan seimbang jadi salah satu cara mudah mencegah kanker, kata Samuel. Ia mengingatkan untuk memperbanyak makan buah dan sayur secara rutin. 

Rekomedasi Dokter Samuel, untuk konsumsi buah sebanyak enam porsi dengan enam jenis buah yang berbeda warna. Menurutnya, perbedaan warna pada buah penting untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. 

"Untuk menangkal radikal bebas yang bisa jadi pemicu kanker juga. Jadi tangkal radikal bebas atau bersifat reaktif yang tak terduga. Supaya efek antioksidannya berbeda. Karena tidak ada satu jenis makanan apa pun yang nutrisinya sempurna," tutupnya. 

Baca Juga: Siapa Sangka, Racun Laba-laba Bisa Atasi Disfungsi Ereksi Lho

Komentar