alexametrics

Minum Susu Segar Mentah Langsung dari Sapi, Bahaya Engga Sih?

Bimo Aria Fundrika
Minum Susu Segar Mentah Langsung dari Sapi, Bahaya Engga Sih?
Ilustrasi susu segar mentah. (Shutterstock)

Pendukung susu mentah berpendapat bahwa asupan itu memiliki manfaat kesehatan dan gizi yang lebih baik dan pasteurisasi menghilangkan manfaat ini.

Suara.com - Susu merupakan asupan bergizi yang menyediakan protein, vitamin, mineral dan asam lemak.

Sebelum pasteurisasi diperkenalkan pada awal hingga pertengahan 1900-an, semua susu dikonsumsi mentah dalam keadaan alami yang belum diolah. Dengan semakin populernya makanan alami, lokal, bersumber dari pertanian dan persepsi bahwa susu mentah lebih sehat, konsumsinya pun meningkat.

Pendukung susu mentah berpendapat bahwa asupan itu memiliki manfaat kesehatan dan gizi yang lebih baik dan pasteurisasi menghilangkan manfaat ini.

Mereka juga mengklaim bahwa itu adalah pilihan yang lebih baik bagi yang menderita intoleransi laktosa, asma, autoimun, dan kondisi alergi. Demikian seperti dilansir dari Healthline.

Baca Juga: Promo Harga Diskon Akhir Pekan: Susu Pertumbuhan hingga Minyak Goreng

Ilustrasi susu segar. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi susu segar. (Sumber: Shutterstock)

Beberapa pendukung susu mentah berpendapat bahwa banyak bakteri berbahaya yang dihancurkan oleh pasteurisasi, seperti tuberkulosis, tidak lagi menjadi masalah dan pasteurisasi tidak lagi memiliki tujuan.

Lebih lanjut, mereka mengklaim bahwa proses pemanasan selama pasteurisasi mengurangi nutrisi keseluruhan dan manfaat kesehatan dari susu. Namun, sebagian besar klaim ini tidak didukung oleh sains.

Karena pH netral dan kandungan nutrisi dan air yang tinggi, susu merupakan tempat makan yang ideal bagi bakteri. Oleh sebab itu mengonsumsi susu mentah sebenarnya memiliki risiko bagi kesehatan.

Susu pada dasarnya berasal dari lingkungan yang steril di dalam hewan. Namun, sejak hewan diperah, potensi kontaminasi dimulai dengan ambing, kulit, kotoran, alat pemerahan, penanganan dan penyimpanan.

Kontaminasi tidak terlihat dengan mata telanjang dan seringkali tidak dapat dideteksi sampai pertumbuhannya signifikan. Mayoritas - tetapi belum tentu semua - bakteri dihancurkan selama pasteurisasi.

Baca Juga: Minumlah 3 Jenis Susu Ini, Bisa Bantu Tidur Nyenyak dan Atasi Insomnia

Mereka yang bertahan hidup, kebanyakan melakukannya dalam bentuk yang rusak dan tidak dapat hidup. Studi menunjukkan bahwa susu mentah mengandung jumlah bakteri berbahaya dan masuk yang jauh lebih tinggi daripada susu pasteurisasi.

Komentar