Selain Farmasi, Ilmu Biomedis Juga Penting Bagi Kemajuan Industri Kesehatan

Risna Halidi
Selain Farmasi, Ilmu Biomedis Juga Penting Bagi Kemajuan Industri Kesehatan
ilustrasi ahli kimia [shutterstock]

Kemajuan teknologi di bidang medis merupakan tanda kemajuan industri pengobatan.

Suara.com - Kemajuan teknologi di bidang medis merupakan tanda kemajuan industri kesehatan. Berbagai macam penemuan canggih didapatkan demi memberikan manfaat bagi pengobatan.

Teknologi yang canggih, diharapkan dapat memicu penemuan-penemuan yang mampu mengatasi banyak masalah termasuk penyakit mengancam yang berbahaya dan belum ada obatnya.

Di sisi lain, ilmu biomedis menjadi salah satu ujung tombak industri kesehatan dalam penemuan terapi baru untuk menyembuhkan penyakit manusia.

Biomedis berfungsi untuk memahami bagaimana tubuh manusia bekerja pada tingkat molekuler. Pengetahuan ini pada akhirnya, akan menjadi dasar penemuan dan perancangan strategi terapeutik.

Baca Juga: Petugas yang Peras dan Lecehkan Cewek saat Rapid Tes Masih Berkeliaran

Melinda Siswanto, M.Eng (Biomedical), salah satu staf pengajar di Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) mengungkapkan bahwa ilmu biomedis sangat penting dalam dunia kesehatan, terutama pengobatan.

Ilmu biomedis menaungi berbagai ilmu seperti penyakit menular, kanker, epidemiologi, saraf, anatomi, hingga fisiologi.

"Biomedis merupakan bidang ilmu yang berfokus pada kesehatan manusia dan kesejahteraan masyarakat. Cakupan biomedis termasuk menganalisis sampel biologis, melakukan penelitian tentang penyakit manusia, berpartisipasi dalam pengembangan strategi terapeutik seperti vaksin, obat-obatan dan perawatan medis," ungkap Melinda melalui siaran pers yang diterima Suara.com, Kamis (24/9/2020).

Melinda juga menjelaskan bagaimana biomedis dan farmasi merupakan ilmu yang saling berkaitan. Biomedis menjelaskan mekanisme terjadinya suatu penyakit, sedangkan farmasi berperan dalam pembuatan terapi untuk kondisi tersebut.

Kata Melinda, sekarang dunia biomedis semakin luas. Dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, semakin banyak orang yang mulai menggunakan teknologi untuk masalah kesehatan.

Baca Juga: Bertemu Airlangga Hartarto, IDI Curhat Nasib Dokter di Tengah Pandemi

Maraknya digitalisasi juga mengubah cara pasien mendapatkan akses kesehatan dan membuka ilmu dan industri baru yang sering dikenal sebagai mHealth dan health-tech atau juga medtech.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS