Ceri dan Delima, 2 Buah Merah yang Mampu Turunkan Tekanan Darah

Rima Sekarani Imamun Nissa, Fita Nofiana

Jum'at, 25 September 2020 | 08:10 WIB
Ceri dan Delima, 2 Buah Merah yang Mampu Turunkan Tekanan Darah
Ilustrasi delima bagus untuk menurunkan tekanan darah. (shutterstock)

Suara.com - Tekanan darah tinggi bisa dipicu hingga dikendalikan oleh berbagai makanan. Oleh karenanya, menurunkan tekanan darah tinggi juga sering kali terkait dengan makanan yang Anda konsumsi.

Melansir dari Express, dua buah merah ceri dan delima disebut bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, antara lain:

Buah Delima

Mengonsumsi buah delima atau jus buah delima saat pagi bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tim peneliti di Universitas Sheffield Hallam menemukan bahwa jus delima dapat menurunkan tekanan darah.

Melalui studi acak terkontrol, mereka meninjau 51 orang dewasa berusia antara 30 hingga 50 tahun. Dalam penelitian ini para peserta  mengonsumsi 330ml / hari jus delima selama empat minggu.

Ilustrasi buah delima. (shutterstock)

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa ada penurunan tekanan darah sistosik dan diastolik secara signifikan. Pengukuran tekanan darah sistolik rata-rata turun sebesar 3,14 mmHg, sedangkan pengukuran tekanan darah diastolik turun sekitar 2,33 mmHg.

Dengan demikian, para peneliti menyimpulkan bahwa jus delima memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Melansir dari Cardiex, delima sangat tinggi fitonutrien, punicalagins, dan antioksidan. Semua kandungan tersebut secara umum sangat baik bagi kesehatan. 

Buah Ceri

baca juga

Buah ceri kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi pasien hipertensi atau tekanan darah darah tinggi. 

"Antioksidan yang juga terdapat dalam buah ceri ini dikenal dengan polifenol yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan elastisitas udara," kata ahli nutrisi, Dr. Sarah Brewer. 

Hanya 60ml jus asam ceri dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 7mmHg. Efeknya juga sangat cepat.

Tekanan darah mungkin mulai berkurang dalam satu jam setelah minum jus ceri dan kestabilan tekanan darah bisa bertahan hingga delapan jam.

"Jus ceri adalah salah satu solusi alami paling efektif untuk tekanan darah tinggi, jus ceri sama efektifnya dalam menurunkan tekanan darah seperti halnya beberapa obat hipertensi," imbuhnya. 

Umumnya tekanan darah normal berkisar antara 90/60mmHg hingga 120/80mmHg. Oleh kerena itu, angka 140/90mmHg atau lebih dianggap sebagai tekanan darah tinggi.

Tekanan darah yang tinggi memberikan tekanan ekstra pada jantung dan pembuluh darah. Hal ini yang bisa memicu serangan jantung atau stroke.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Tak Semuanya Sehat, Sayuran Jenis Ini Justru Picu Tekanan Darah Tinggi

Tak Semuanya Sehat, Sayuran Jenis Ini Justru Picu Tekanan Darah Tinggi

Health | Kamis, 24 September 2020 | 17:35 WIB

Agar Jantung Tetap Sehat, Berikut 7 Langkah Menjaga Tekanan Darah

Agar Jantung Tetap Sehat, Berikut 7 Langkah Menjaga Tekanan Darah

Health | Sabtu, 19 September 2020 | 17:01 WIB

Ada Gangguan Seksual Ini, Waspada Gejala Hipertensi

Ada Gangguan Seksual Ini, Waspada Gejala Hipertensi

Health | Jum'at, 18 September 2020 | 18:45 WIB

Terkini

Liburan Agustus Lebih Hemat! Ada Diskon di Wisata Nako Pasir Angin Bareng BRI

Liburan Agustus Lebih Hemat! Ada Diskon di Wisata Nako Pasir Angin Bareng BRI

Bri | Minggu, 16 Agustus 2026 | 23:52 WIB

Satgas Galapana DPR RI ke Ruteng, Kumpulkan Menteri hingga Bos BUMN untuk Tangani Korban Gempa

Satgas Galapana DPR RI ke Ruteng, Kumpulkan Menteri hingga Bos BUMN untuk Tangani Korban Gempa

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 23:16 WIB

Bangunan Dapur MBG di Muara Enim Jadi Sasaran Maling, Motor dan Ponsel Raib

Bangunan Dapur MBG di Muara Enim Jadi Sasaran Maling, Motor dan Ponsel Raib

Sumsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:52 WIB

Pasar Murah HUT RI Digelar di 5 Kecamatan Palembang, Ada Diskon Belanja Rp10 Ribu

Pasar Murah HUT RI Digelar di 5 Kecamatan Palembang, Ada Diskon Belanja Rp10 Ribu

Sumsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:40 WIB

Kado Anniversary Sempat Bikin Mahalini Kesal, Rizky Febian Bongkar Rencana Rahasianya

Kado Anniversary Sempat Bikin Mahalini Kesal, Rizky Febian Bongkar Rencana Rahasianya

Entertainment | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:39 WIB

Apakah Serum Vitamin C Boleh Dipakai Malam Hari? Ini Waktu Terbaik Agar Glowing Maksimal

Apakah Serum Vitamin C Boleh Dipakai Malam Hari? Ini Waktu Terbaik Agar Glowing Maksimal

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:02 WIB

Review Skintific 2% Salicylic Acid, Serum Ampuh Bikin Jerawat Meradang Langsung Kempes

Review Skintific 2% Salicylic Acid, Serum Ampuh Bikin Jerawat Meradang Langsung Kempes

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:46 WIB

73 Hotspot Terpantau di Kalsel, Kemenhut Dorong Verifikasi Dini Karhutla

73 Hotspot Terpantau di Kalsel, Kemenhut Dorong Verifikasi Dini Karhutla

Kaltim | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:45 WIB

Apresiasi Pidato Prabowo, Jubir PSI: Pertumbuhan Ekonomi Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Apresiasi Pidato Prabowo, Jubir PSI: Pertumbuhan Ekonomi Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Jabar | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:36 WIB

Pengamat Kejaksaan: Bukan Febrie Adriansyah, Eksekutor Aset PT GBU Anggota Tim 9

Pengamat Kejaksaan: Bukan Febrie Adriansyah, Eksekutor Aset PT GBU Anggota Tim 9

Jabar | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:30 WIB

×