alexametrics

Cegah Penyakit Serius, Lakukan 5 Langkah Ini untuk Berhenti Merokok

Irwan Febri Rialdi | Shevinna Putti Anggraeni
Cegah Penyakit Serius, Lakukan 5 Langkah Ini untuk Berhenti Merokok
Orang merokok. [suara.com/Adrian Mahakam]

Merokok salah satu kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan penyakit serius, karena itu penting untuk mencari cara berhenti merokok.

Suara.com - Kebiasaan merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan diri sendiri, tetapi juga orang lain di sekitar yang menjadi perokok pasif.

Salah satu penyakit kronis yang berisiko menyerang perokok adalah kanker paru-paru. Oleh karena itu, Anda perlu berusaha menghentikan kebiasaan merokok demi kesehatan diri sendiri dan orang yang dicintai.

Anshu Laura, apoteker LloydsPharmacy telah membuat daftar lima langkah yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok, dilansir dari Express, antara lain:

Ilustrasi merokok.[Unsplash/Irina Iriser]
Ilustrasi merokok.[Unsplash/Irina Iriser]

1. Menyingkirkan godaan

Baca Juga: Kumpulan Fakta Remdesivir, Obat Virus Corona yang Disetujui BPOM

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk berhenti merokok adalah membuang rokok, tembakau, dan asbak yang ada dihadapanmu. Anda juga perlu mengubah rutinitas yang memicu kebiasaan merokok.

Jika Anda suka merokok setelah makan, cobalah mengisap permen, membaca buku, atau aktivitas lain setelah makan untuk mengalihkan keinginan merokok.

2. Pelajari tentang NRT

NRT singkatan dari terapi penggantian nikotin yang bisa membantu berhenti merokok, seperti mengonsumsi permen karet atau memakai semprotan mulut.

Produk NRT bekerja dengan melepaskan nikotin secara perlahan dengan kecepatan rendah ke dalam aliran darah untuk mencegah penarikan diri. Produk ini telah terbukti dua kali lebih ampuh membantu menghentikan kebiasaan merokok.

Baca Juga: Bukan Batuk, Ini Gejala Khas Virus Corona pada Lansia 65 Tahun ke Atas

3. Mencari dukungan

Komentar