Alat Swab Tertinggal di Paru-paru dan Berita Populer Lainnya

Bimo Aria Fundrika
Alat Swab Tertinggal di Paru-paru dan Berita Populer Lainnya
Alat swab test (BMJ Journal)

Lima berita terpopuler di kanal Health Suara.com.

Suara.com - Hingga saat ini swab test menjadi salah satu pilihan deteksi virus corona yang paling akurat. Tapi apa jadinya jika tes yang dimasukkan ke dalam itu justru tertinggal dan tersangkut di par-paru.

Sementara itu, perusahaan farmasi tanah air Bio Farma dikabarkan telah menyuntikkan vaksin corona pada 1.620 relawan. Dua berita tadi merupakan kabar terpopuler di kanal health Suara.com. Berikut ini artikel terpopuler lainnya.

1. Pria ini Sial, Alat Tes Swab Patah dan Tersangkut di Paru-parunya!

Ilustrasi swab test. [Shutterstock]
Ilustrasi swab test. [Shutterstock]

Ketika sebagian besar orang melakukan swab test atau tes usap Covid-19 dilakukan dengan memasukkan alat melalui hidung, pria yang baru-baru ini menjalani trakeostomi harus melakukannya dengan memasukkan alat lewat lubang di tenggorokannya.

Baca Juga: Update Covid-19 Dunia: Kasus Harian Tertinggi, Eropa Jadi Pusat Penularan

Trakeostomi merupakan prosedur bedah untuk membuat lubang di saluran udara (trakea) agar dapat dipasangi tabung pernapasan.

Baca selengkapnya

2. Vaksin Covid-19 Bio Farma Telah disuntikan Kepada 1.620 Relawan, Hasilnya?

Ilustrasi vaksin. [ANTARA FOTO/M Agung Rajasa]
Ilustrasi vaksin. [ANTARA FOTO/M Agung Rajasa]

Penelitian vaksin Covid-19 oleh Bio Farma mulai dilakukan uji klinis fase 3 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung. Pada fase sebelumnya, 1.620 relawan sudah mendapatkan suntikan pertama vaksin. 

Menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM), tidak ada laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping yang berat maupun serius di antara para relawan vaksin Covid-19.

Baca Juga: Cacat Jantung Bawaan Ternyata Tidak Memengaruhi Keparahan Covid-19!

Baca selengkapnya

3. Menyehatkan dan Tak Bikin Gemuk, Konsumsi 5 Karbohidrat Baik Ini

Ilustrasi buncis. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi buncis. (Sumber: Shutterstock)

Karbohidrat menjadi salah satu asupan yang sering kali diminta untuk dibatasi demi kesehatan. Padahal tak sepenuhnya karbohidraat berefek buruk pada kesehatan karena ada jenis karbohidrat yang sehat.

Melansir dari Times of India, tidak semua karbohidrat memiliki sifat yang sama dan memiliki efek yang berbeda pada tubuh. Dalam hal ini banyak orang yang menyebut dua jenis karbohidrat yakni karbohodrat baik dan buruk.

Baca selengkapnya

4. Studi China: Kemungkinan Virus Corona Bisa Pengaruhi Mata!

Ilustrasi mata. (Pixabay)
Ilustrasi mata. (Pixabay)

Covid-19 merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus corona jenis baru yang menyerang sistem pernapasan. Namun, ada indikasi bahwa Coid-19 dapat memengaruhi berbagai organ dan bagian tubuh, termasuk mata.

Sebuah studi baru dari General Hospital of the Central Theater Command di Wuhan, China, yang terbit dalam JAMA Ophthalmology, menunjukkan ada bukti ilmiah kuat tentang SARS-CoV-2 memengaruhi mata.

Baca selengkapnya

5. Spons Cuci Piring Sesekali Juga Perlu Didisinfeksi, Begini Cara Amannya

Ilustrasi spons cuci piring (Shutterstock)
Ilustrasi spons cuci piring (Shutterstock)

Hampir pasti spons cuci piring menyimpan segala jenis kuman. Beberapa kuman mungkin hanya akan membuat spons bau, tetapi lainnya berpotensi membuat sakit.

"Jika kotor, spons bisa menyebarkan kuman ke segala hal yang spons 'sentuh', dari piring hingga meja dapur dan peralatan makan lainnya," kata Janilyn Hutchings, profesional bersertifikat di bidang keamanan pangan dan ilmuwan makanan untuk StateFoodSafety.

Baca selengkapnya

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS