alexametrics

Studi Lancet: Calon Vaksin Corona BBIBP-Corv China Aman dan Bangun Antibodi

Rauhanda Riyantama | Fita Nofiana
Studi Lancet: Calon Vaksin Corona BBIBP-Corv China Aman dan Bangun Antibodi
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (getty image)

Salah satu dari 11 vaksin potensial dari China dinyatakan aman dan bisa kembangkan antibodi.

Suara.com - Kabar baik dari China, salah satu vaksin potensial untuk virus corona Covid--19 mereka disebut aman. Bahkan memicu respons kekebalan dalam kombinasi tes tahap awal dan menengah pada manusia.

Melansir dari Independent, kandidat vaksin Covid-19 yang dikenal dengan BBIBP-Corv sedang dikembangkan oleh Institut Produk Biologi Beijing, bekerja sama dengan Grup Farmasi Nasional China yang dikelola negara. Laporan mereka yang diterbitkan di The Lancet menunjukkan bahwa vaksin secara keseluruhan disebut aman dan dapat ditoleransi dengan baik oleh manusia.

Uji coba BBIBP-Corv pada manusia dimulai pada awal Juni setelah vaksin menunjukkan hasil yang kuat pada monyet dan memicu antibodi tanpa menimbulkan komplikasi.

Dalam dua tahap pertama uji coba, vaksin tidak menimbulkan efek samping yang parah. Menurut studi tersebut kebanyakan relawan hanya mengalami efek samping ringan hingga sedangseperti demam dan nyeri di bagian yang disuntik vaksin.

Baca Juga: Penyuntikan Vaksin Covid-19, Presiden Jokowi: Jangan Tergesa-gesa

Hasil tersebut berasal dari uji tahap I dan tahap II vaksin yang dilakukan antara 29 April hingga 30 Juli. Pengujian dilakukan pada 600 peserta sehat berusia 18 hingga 80 tahun.

Dalam penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat antibodi pada peserta yang berusia di atas 60 tahun ke atas lebih rendah dan terkadang membutuhkan waktu hingga 42 hari untuk meningkat secara signifikan. Peserta yang lebih muda membutuhkan waktu rata-rata 28 hari untuk menghasilkan respons antibodi.

WHO menyebut vaksin covid 19 masih belum tersedia luas pada pertengahan tahun 2021.
WHO menyebut vaksin covid 19 masih belum tersedia luas pada pertengahan tahun 2021.

BBIBP-CorV sendiri merupakan salah satu dari setidaknya 10 proyek vaksin virus corona secara global yang telah memasuki uji coba Fase III, empat di antaranya dipimpin oleh para ilmuwan China.

Pada pengembangan vaksin, China secara total telah memiliki 11 kandidat vaksin potensial. 

Baca Juga: Baru 480.000 Warga Bekasi yang Akan Divaksin Virus Corona Awal 2021

Komentar