Hanya Konsumsi Nabati, Bisakah Pola Makan Vegetarian Jaga Kekebalan Tubuh?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Hanya Konsumsi Nabati, Bisakah Pola Makan Vegetarian Jaga Kekebalan Tubuh?
Buah dan sayuran (Shutterstock)

Kekebalan tubuh sangat diperlukan, apakah pola makan vegetarian tetap bisa menjaga imunitas?

Suara.com - Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang yang mengikuti pola makan vegan untuk meningkatkan kesehatan. Menjadi vegan berarti mengonsumsi pola makan vegetarian yang tidak menyertakan daging, telur, produk susu, dan semua bahan makanan yang berasal dari hewani.

Jenis pola makan ini menawarkan beberapa manfaat, namun bisakah memperkuat sistem kekebalan tubuh?

Sistem kekebalan tubuh sendiri bekerja sebagai perisai untuk melindungi Anda dari segala jenis penyakit. Dalam hal ini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

Melansir dari Healthshots, beberapa nutrisi penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah zinc, zat besi, selenium, vitamin A, B6, C, dan E. Ternyata sebagian besar nutrisi ini paling baik didapat dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan benih.

Baca Juga: Cara Atur Pola Makan saat Pandemi, Apa Saja?

Beberapa makanan tersebut masuk dalam menu utama orang-orang vegetarian dan tentu saja baik untuk kekebalan. Apalagi sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 70 hingga 80 persen sistem kekebalan tubuh berpusat di usus.

sayuran, vegetarian (Pixabay/congerdesign)
sayuran, vegetarian (Pixabay/congerdesign)

Ketika sel kekebalan terkena oksigen, maka akan rusak dan menghasilkan senyawa yang disebut radikal bebas. Namun mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dalam jumlah besar seperti vitamin C dan E, serta berbagai fitokimia, dapat membantu mencegah kerusakan ini.

"Pola makan vegan adalah pola makan yang baik, asalkan seseorang mengonsumsi suplemen vitamin B12 dan secara sadar memilih protein dan kalsium yang cukup dalam pola makan dari sumber vegan," kata Dr Shikha Sharma, Pendiri Sistem Kesehatan Nutri.

"Sumber vegan yang baik dari asam lemak esensial, vitamin dan mineral seperti zinc dan protein penting untuk kekebalan," imbuhnya.

Baca Juga: Tingkatkan Kekebalan dan Redakan Flu, Coba Manfaatkan Cuka Sari Apel

Komentar