alexametrics

Sering Alami Ruam Kulit saat Menstruasi? Coba Lakukan 5 Tips Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana
Sering Alami Ruam Kulit saat Menstruasi? Coba Lakukan 5 Tips Ini
Menstrual cup, cawan menstruasi [shutterstock]

Ruam saat menstruasi sering kali disebabkan karena kondisi kulit yang lembap.

Suara.com - Mengalami ruam kulit saat menstruasi memang umum. Namun, kondisi ini tentu bisa mengganggu keseharian dan membuat Anda tak nyaman.

Meski begitu, ada beberapa alternatif yang mungkin bisa menghentikan terjadinya ruam saat menstruasi. Melansir dari Healthshots, berikut beberapa cara mengurangi ruam akibat menstruasi, antara lain:

1. Pertimbangkan Alternatif Selain Pembalut

Pembalut adalah penyebab utama di balik perkembangan ruam menstruasi karena membuat kulit yang lembap bergesekan dengan pembalit kasar. Jadi, beralih ke produk sanitasi lain seperti pembalut kain dan tampon atau menstrual cup yang mungkin bisa membantu.

Baca Juga: Kenali, 4 Kondisi Ini Bisa Jadi Tanda Ketidaknormalan Menstruasi

Ilustrasi pembalut kain. (Shutterstock)
Ilustrasi pembalut kain. (Shutterstock)

2. Ganti Pembalut Sesering Mungkin

Mengenakan pembalut yang sama untuk waktu yang sangat lama tidak hanya buruk bagi kesehatan tetapi juga berkontribusi pada ruam menstruasi. Jadi, Anda harus sering mengganti pembalut untuk menghindari ruam.

3. Kenakan Pakaian Dalam yang Sesuai

Pastikan Anda mengenakan pakaian dalam katun selama menstruasi. Bahan ini bisa mengurangi keringat dan memungkinkan kulit Anda bernapas. Dengan ventilasi yang baik dan tidak ada kelembapan, kecil kemungkinannya untuk menimbulkan ruam di sana.

4. Menjaga Kebersihan selama Menstruasi

Baca Juga: Konsumsi Banyak Obat, Bocah Ini Berakhir Menderita Sindrom Stevens-Johnson

Membersihkan area vagina dengan air hangat setiap beberapa jam cukup untuk menghilangkan bakteri penyebab infeksi. Menjaga kebersihan dengan baik selama menstruasi juga mengurangi ruam.

Ilustrasi menstruasi. (Shutterstock)
Ilustrasi menstruasi. (Shutterstock)

5. Coba Pakai Bedak Bayi

Menggunakan bedak lembut seperti bedak bayi dapat mengurangi risiko timbulnya ruam dengan cara mengurangi gesekan. Usaha ini juga membantu menyerap kelembapan ekstra dan membuat area selangkangan tetap kering.

Komentar