Anaknya Hampir Tewas karena Video TikTok, Ibu Ini Beri Peringatan

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Anaknya Hampir Tewas karena Video TikTok, Ibu Ini Beri Peringatan
Ilustrasi TikTok. [Aaron Weiss/Unsplash]

Anaknya yang berusia 4 tahun mengikuti salah satu tantangan gantung diri di video TikTok dan hampir tewas karenanya.

Suara.com - TikTok menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat hampir di semua usia, tak terkecuali anak-anak. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19, banyak pengguna TikTok membuat berbagai tantangan yang bisa diikuti untuk mengisi kesibukan selama berada di rumah saja.

Tapi tanpa disadari, hal tersebut membuat justru bisa memiliki efek negatif bagi para penggunanya. Inilah yang menimpa seorang ibu asal Filipina yang menceritakan kisahnya di Facebook.

"No more TikTok for Freya", begitulah ia mengawali tulisannya. Ibu ini memperingatkan orangtua lain tentang penggunaan aplikasi berbagi video oleh anak-anak mereka dan risiko saat mereka mengikuti tantangan TikTok yang berbahaya.

Dalam unggahannya minggu lalu, Jumat (23/10/2020), ibu bernama Mara Ordinario tersebut menjelaskan bagaimana dia menemukan putrinya dengan bekas tali di lehernya. Putrinya yang bernama Freya itu hampir menggantung dirinya untuk mengikuti sebuah video yang ia lihat di TikTok.

Baca Juga: Girang Dapat Iphone dari Mesin Capit Boneka, Tapi Endingnya Bikin Nyesek

"Dia melihat video seorang anak yang menggantung dirinya sendiri dan kemudian dia mencoba mengikutinya menggunakan kabel tarik tirai Venesia di kamar kami. Dia melilitkan lehernya 3 kali lalu melompat," tulis Ordinario seperti dilansir dari Asia One.

Karena terkejut, Ordinario pun menanyakan anaknya apa yang dia lihat di video. Gadis itu menjawab dalam bahasa Filipina, "Lehernya dibungkus dengan tali dan kemudian anak itu menjadi hantu," katanya.

"Anak saya yang tidak bersalah berusia 4 tahun hampir kehilangan nyawanya," jelasnya lagi.

"Syukurlah saya ada di sana saat itu terjadi. Aku tidak bisa membayangkan, bagaimana jika aku tidak ada di sana saat itu? Bagaimana jika saya pergi ke toilet? Bagaimana jika saya keluar untuk membeli sesuatu?," ungkap Ordinario lagi.

Untuk itulah, ia memperingatkan orangtua lain yang anaknya mungkin terpapar video TikTok berbahaya yang sama, dan mendesak mereka untuk mengawasi anak-anak mereka, terutama jenis konten yang mereka konsumsi secara online.

Baca Juga: Anak Tewas Mengenaskan, Karen Pooroe Putus Komunikasi dengan Eks Suami

"Anak perempuan saya yang berusia 4 tahun hampir kehilangan nyawanya karena beberapa video Tiktok yang bodoh. Itulah mengapa para orangtua, mohon, perhatikan anak-anak Anda serta apa yang mereka tonton," tutup dia.

Komentar