alexametrics

Kontrol Kolesterol dan Kesehatan Jantung, Coba Konsumsi Dua Apel Sehari

Arendya Nariswari | Fita Nofiana
Kontrol Kolesterol dan Kesehatan Jantung, Coba Konsumsi Dua Apel Sehari
Buah apel. (Shutterstock)

Mengonsumsi apel bisa bermanfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan jantung hingga kontrol kolesterol.

Suara.com - Konsumsi dua apel setiap hari disebut dapat menurunkan kolesterol dalam darah, membantu mencegah serangan jantung, hingga stroke. Hal ini dinyatakan dalam sebuah penelitian yang terbit pada American Journal of Clinical Nutrition.

Melansir dari Insider, para peneliti dari Edmund Mach Foundation di Italia mengamati 40 orang dewasa yang memiliki kadar kolesterol sedikit tinggi tetapi sehat selama periode tes delapan minggu. Separuh kelompok diberi makan dua apel sehari, sedangkan separuh lainnya diberi minuman sari buah apel yang mengandung sejumlah gula dalam dua buah apel.

Studi tersebut menemukan bahwa partisipan yang makan dua apel segar sehari memiliki kolesterol darah yang lebih rendah dibandingkan ketika minum jus apel. Hasil studi ini membuat para peneliti menyimpulkan bahwa senyawa dalam buah utuh, terutama serat memiliki peran yang menjanjikan dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Apel sendiri kaya akan pektin jenis serat makanan tertentu yang memengaruhi cara memetabolisme lemak.

Baca Juga: Dikenal Baik untuk Diet, Tapi 5 Asupan Ini Tak Efektif Turunkan Berat Badan

Pektin, bersama dengan jenis serat lainnya adalah sumber makanan yang baik untuk merangsang bakteri sehat di usus manusia yang dikenal sebagai mikrobioma. Bakteri sehat ini dikaitkan dengan penurunan berat badan hingga kesehatan mental.

Ilustrasi konsumsi buah apel

Apel juga merupakan sumber polifenol, senyawa antioksidan dalam makanan nabati yang dikaitkan dengan kesehatan keseluruhan. Polifenol dikenal baik untuk menurunkan risiko penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Komentar