alexametrics

Akibat Terinfeksi Virus Corona Covid-19, Balita 3 Tahun Alami Stroke

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
Akibat Terinfeksi Virus Corona Covid-19, Balita 3 Tahun Alami Stroke
Ilustrasi bayi, balita (Unsplash/Liane)

Balita usia 3 tahun mengalami stroke akibat terinfeksi virus corona Covid-19.

Suara.com - Seorang balita laki-laki di Missouri, Amerika Serikat yang masih berusia 3 tahun menderita stroke telah dinyatakan positif virus corona Covid-19.

Keluarga sempat berpikir akan kehilangan anak laki-laki tersebut. Bahkan sang ayah sempat tak kuasa melihat anaknya yang masih mungil sudah terinfeksi virus corona.

"Kami berpikir akan kehilangan dia. Saya tidak peduli seberapa tangguh seseorang, ketika melihat anaknya terbaring di rumah sakit seperti ini pasti akan menangis," ujar Tim Parris, ayah Colt, balita 3 tahun itu dikutip dari Fox News.

Ibunya, Sara Parris mengatakan anaknya sempat berhenti makan dan minggu minggu lalu sebelum jatuh sakit. Lalu, Sara segera membawa Colt ke klinik untuk tes virus corona Covid-19 dan hasilnya negatif.

Baca Juga: Studi: Virus Corona Mutasi Baru 56 Persen Lebih Menular

Tapi, kala itu dokter di klinik merekomendasikan Sara untuk membawa anaknya ke rumah sakit. Colt pun dibawa ke Rumah Sakit Wanita dan Anak Universitas Missouri dan dinyatakan positif virus corona Covid-19.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Beberapa jam kemudian, Sara melihat anaknya kehilangan kemampuan untuk menggerakkan lengan kanan dan kaki kanannya. Bahkan anak juga kesulitan berbicara.

"Jadi, saya pergi memberinya boneka kesayangan dan saya perhatikan dia tidak bisa menggunakan lengannya untuk meraih bonekanya. Saat itu saya tahu ada hal yang tidak beres," kata Sara.

Dokter langsung melakukan tes pada Colt. Mereka menemukan ada penyumbatan di otak Colt, yang kemungkinan efek neurologis dari infeksi virus corona Covid-19.

"Diagnosis virus corona ini sangat penting menurut kami. Karena, anak-anak yang terinfeksi virus corona cenderung memiliki gumpalan yang bisa menyebabkan stroke dan masalah lainnya," kata Dr Camilo Gomez, ahli saraf yang mengatasi Colt.

Baca Juga: Mutasi Virus Corona, Sudah Menyebarkah di Indonesia?

Sebelumnya, virus corona Covid-19 ini memang sudah dikaitkan dengan beberapa kondisi neurologis. Satu penelitian pada Juli 2020, mengidentifikasi masalah neurologis itu termasuk stroke, delirium, kerusakan saraf dan peradangan otak langka.

Komentar