alexametrics

Merasa Sedang Stres? Begini Cara Mengelolanya Menurut Pakar!

Rauhanda Riyantama | Rosiana Chozanah
Merasa Sedang Stres? Begini Cara Mengelolanya Menurut Pakar!
Ilustrasi stres karena pekerjaan kantor (Shutterstock)

Berikut cara mengelola stres sesuai rekomendasi ahli.

Suara.com - Stres merupakan bagian normal dari kehidupan manusia. Meski pemicunya terkadang tampak sepele, efeknya pada tubuh kita justru sebaliknya.

Stres dapat membuat kita tidak nyaman dan sakit secara mental maupun fisik. Menemukan cara mengelolalnya sangat penting dalam mempertahankan gaya hidup yang sehat.

Melansir Health, berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stres, baik secara instan maupun seiring waktu:

1. Membuat daftar hal-hal yang Anda syukuri

Baca Juga: Eco-Anxiety, Gangguan Kecemasan akibat Perubahan Iklim

Mungkin sulit untuk merasa bersyukur ketika segala hal terasa berat. Tetapi, emnunjukkan rasa terima kasih untuk hal-hal kecil, seperti masih bisa makan atau memiliki tempat untuk tidur, dapat membangkitkan semangat dan mengurangi kecemasan.

Profesor psikiatri di Rumah Sakit Presbyterian NY Sekolah Kedokteran Weill-Cornell, Gail Saltz, MD, merekomendasikan untuk memulainya dengan menulis buku harian yang tertulis daftar hal-hal yang perlu disyukuri pada hari itu.

Ilustrasi penggunaan masker tidur (ANTARA/Shutterstock)
Ilustrasi tidur (ANTARA/Shutterstock)

2. Istirahat

Ahli saraf Matthew P. Walker, PhD, sekaligus penulis Why We Sleep, sangat percaya tidur sebagai kekuatan super manusia.

Menurut studi tentang tidur yang diterbitkan dalam jurnal Nature Reviews Neuroscience menunjukkan orang yang kurang tidur lebih reaktif terhadap rangsangan negatif secara emosional, daripada mereka yang memiliki istirahat malam cukup.

Baca Juga: Mengenal Eco-Anxiety, Kecemasan akibat Perubahan Iklim

3. Bermain dengan hewan peliharaan

Komentar