alexametrics

Mata Terganggu Karena Sering Menatap Layar, Begini Cara Merawatnya!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Mata Terganggu Karena Sering Menatap Layar, Begini Cara Merawatnya!
Ilustrasi bekerja/karier/kerja/karyawan. (Pexels/Energepic)

Banyak orang mengalami masalah mata atau penglihatan karena terlalu sering menatap layar selama pandemi virus corona.

Suara.com - Sejak pandemi virus corona Covid-19, kebanyakan orang lebih sering menatap layar handphone atau laptop. Penelitian terbaru dari Specsavers juga menemukan 42 persen orang mengalami penglihatan yang memburuk sejak Maret 2020.

Sebanyak 60 persen peserta pun mengaku telah menghabiskan waktu 5 jam sehari untuk melihat layar, termasuk laptop, monitor komputer, TV hingga handphone. Angka ini pun hanya turun 1 persen ketika akhir pekan.

Masalah baru yang muncul selama pandemi ini juga tak hanya berhenti di mata, mengejan terus-menerus bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan dan lainnya.

Faktanya, banyak orang memang tidak bisa menyingkirkan pandangan matanya dari layar karena tuntutan pekerjaan maupun sekolah.

Baca Juga: Varian Baru Virus Corona Pengaruhi Vaksin dan Berita Populer Lainnya

Tapi dilansir dari Metro UK, ada tindakan pencegahan yang bisa dilakukan untuk membantu melindungi mata dari kerusakan. Para ahli merokemendasikan untuk selalu mengingat hal-hal berikut ini.

Ilustrasi Bekerja (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi Bekerja (Pixabay/Free-Photos)

1. Cahaya

Pencahayaan yang tepat sangat membantu mencegah kerusakan mata. Dr Allon Barsam, ahli bedah mata laser di Ophthalmic Consultants of London, mengatakan penting untuk memiliki cukup cahaya di ruang kerja atau kamar Anda.

"Pastikan Anda bekerja di ruangan yang cukup terang, baik ketika Anda bekerja di kamar, ruang tamu atau ruangan khusus. Karena, cahaya yang pas bisa membantu mata lebih mudah fokus," kata Dr Allon.

2. Jarak layar

Baca Juga: Waspada Varian Baru Virus Corona, Beijing Lakukan Tes Covid-19 Massal

Jangan pernah meletakkan layar terlalu dekat dengan wajah. Ketegangan mata cenderung disebabkan oleh pemfokusan yang berlebihan pada objek dekat. Jadi, jauhkan wajah setidaknya beberapa meter dari layar.

Selain jarak antara wajah dan layar, Anda juga harus memperhatikan sudut layar. Karena, ketika layar terlalu rendah bisa menyebabkan sakit kepala dan leher.

3. Terapkan 20:20:20

Setiap 20 menit Anda harus mengistirahatkan mata, baik dengan menutupnya selama 20 detik atau fokus pada sesuatu yang berjarak setidaknya 20 kaki.

Cara mudah untuk melakukannya adalah menyetel timer di ponsel. Jika tidak, Anda akan mudah tersesat dalam pekerjaan selama beberapa jam.

4. Berkedip

Elizabeth D Hawkes, seorang konsultan oftalmologi dan ahli bedah okuloplastik di Klinik Cadogan, mengatakan menatap layar untuk jangka waktu lama mengurangi tingkat kedipan sehingga bisa membuat mata kering.

"Orang biasanya berkedip sekitar 12 kali dalam satu menit. Setiap kedipan menyapu air mata kita di seluruh permukaan mata untuk memberikan lubrikasi dan menjaga permukaan mata tetap bersih," jelasnya.

Jadi, pastikan jangan lupa berkedip untuk menjaga mata tetap dilumasi dan mencegah ketegangan mata. Karena, seseorang cenderung lebih jarang berkedip ketika konsentrasi pada sesuatu.

5. Obat tetes mata

Cara pencegahan mata kering lainnya adalah menggunakan obat tetes mata. Karena, ada banyak faktor yang bisa membuat mata jadi kering, salah satunya terlalu sering menatap layar.

Sekitar 1 dari 4 orang menderita gejala mata kering dan ini akan terus meningkat. Saat memakai masker wajah, nafas kita juga akan diarahkan ke mata yang bisa menyebabkan kekeringan.

Jadi, ahli merekomendasikan untuk menggunakan obat tetes mata yang mengandung asam hialuronat dan bebas pengawet, karena akan menjaga mata tetap terhidrasi dan nyaman.

Komentar