alexametrics

Termasuk Teh Manis, 4 Minuman Berikut Bisa Mengganggu Kesehatan

Rauhanda Riyantama | Fita Nofiana
Termasuk Teh Manis, 4 Minuman Berikut Bisa Mengganggu Kesehatan
Ilustrasi es teh. (Shutterstock)

Banyak minuman yang Anda minum setiap hari namun dapat menyebabkan penyakit serius.

Suara.com - Untuk menjadi orang yang lebih sehat, kebanyakan pakar akan melihat pada sisi makanan apa yang Anda konsumsi. Termasuk berbagai minuman yang Anda minum sehari-hari seperti teh manis.

Dalam hal ini, beberapa minuman yang Anda minum setiap hari dapat menyebabkan penyakit serius, mulai dari meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga meningkatkan kemungkinan Anda menderita patah tulang.

Melansir dari Eat This, berikut beberapa minuman yang bisa merusak tubuh Anda, antara lain:

1. Minuman Berenergi

Baca Juga: Ingin Kontrol Gula Darah? Hindari 5 Minuman Ini

Meskipun minuman berenergi dapat membantu saat Anda merasa lesu, kandungan kafeinnya yang tinggi sebenarnya dapat membuat kelelahan Anda semakin parah dalam jangka panjang.

"Minuman berenergi juga dapat menghambat produksi kolagen di kulit Anda yang menyebabkan penuaan kulit dini dengan lebih banyak keriput," jelas ahli gizi bersertifikat Ann Ramark dari A Younger Skin.

2. Soda Berwarna Gelap

Soda memiliki kandungan nutrisi yang buruk. Tetapi minum soda gelap mungkin memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan bagi kesehatan Anda selain menambahkan kalori kosong ke dalam makanan Anda.

"Asam fosfat dalam soda hitam membuatnya lebih buruk bagi kesehatan Anda daripada soda bening," jelas Megan Wong, RD, ahli gizi terdaftar di AlgaeCal.

Baca Juga: Perhatikan, 6 Makanan Ini Ternyata Tinggi Gula

"Terlalu banyak asam fosfat dapat menyebabkan tulang Anda kehilangan kalsium, itulah mengapa penelitian telah mengaitkan asupan minuman ringan dengan penurunan kepadatan mineral tulang dan risiko patah tulang yang lebih tinggi," imbuhnya.

3. Teh Manis

Dalam bentuk tanpa pemanis, jenis teh tertentu bisa menjadi sumber antioksidan yang menyehatkan. Namun, teh manis yang sering kali mengandung banyak gula dan kafein dapat memiliki efek yang sangat merusak kesehatan Anda.

"Jika Anda minum terlalu banyak teh manis, ini dapat menyebabkan sakit kepala dan masalah tidur," kata Jay Cowin, ahli gizi terdaftar di ASYSTEM.

Sebuah artikel tahun 2015 yang diterbitkan di New England Journal of Medicine menemukan bahwa meminum  teh manis dalam jumlah besar dapat menyebabkan gagal ginjal karena konsumsi oksalat yang berlebihan, asam organik.

4. Kopi Manis

Jika Anda minum kopi manis, Anda mungkin mendapatkan lebih dari sekadar ledakan energi yang Anda harapkan.

"Frappuccino karamel besar dapat memiliki sekitar 500 kalori sendiri. Jadi Anda mengisi diri Anda dengan kalori tambahan dan dapat mengharapkan gula runtuh beberapa jam kemudian," kata Corwin.

Komentar