Makan Telur Dinilai Tingkatkan Risiko Kematian Dini, Ini Tanggapan Dokter!

Yasinta Rahmawati, Shevinna Putti Anggraeni

Sabtu, 13 Februari 2021 | 13:04 WIB
Makan Telur Dinilai Tingkatkan Risiko Kematian Dini, Ini Tanggapan Dokter!
Ilustrasi Telur (Pixabay/emirkrasnic)

Suara.com - Baru-baru ini, sebuah penelitian baru menemukan makan telur 3 kali seminggu bisa meningkatkan risiko kematian dini. Tapi, temuan penelitian ini telah menjadi perdebatan.

Dr Nighat pun mengimbau semua orang untuk tidak ragu mengonsumsi telur hanya karena temuan satu penelitian ini. Karena, telur juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Telur adalah sumber vitamin D yang berlimpah, vitamin B dan vitamin A yang bagus untuk mata. Selain itu, telur juga memiliki jumlah kalori yang tidak terlalu banyak, tergantung pada ukuran telurnya.

"Telur bisa menurunkan berat badan karena cukup mengenyangkan dan membuat Anda tetap bertahan sampai waktu makan siang tiba," kata Dr Nighat dikutip dari Express.

Menurut Dr Nighat, satu yang perlu diperhatikan adalah cara mengolah telur. Karena, telur yang digoreng bisa meningkatkan kandungan lemak hingga 50 persen.

Ilustrasi telur. (Elements Envato)
Ilustrasi telur. (Elements Envato)

Sebelumnya, studi baru itu menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 300 miligram kolesterol tambahan sehari, sekitar 3 telur seminggu 19 persen lebih mungkin meninggal selama 16 tahun ke depan.

Kematian akibat kanker dan penyakit kardiovaskular masing-masing meningkat 24 dan 16 persen. Penelitian itu juga mengaitkan kebiasaan makan telur dengan penyakit pernapasan, seperti Alzheimer dan diabetes.

"Dalam penelitian ini, asupan telur dan kolesterol dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi pada penyakit kardiovaskular dan kematian akibat kanker," kata Profesor Yu Zhang, dari Universitas Zhejiang.

Profesor Yu Zhang mengatakan peningkatan risiko kematian terkait dengan konsumsi telur, sebagian besar dipengaruhi oleh kadar kolesterol yang tinggi.

baca juga

Karena itu, temuan ini menyarankan semua orang membatasi asupan kolesterol dan mengganti telur utuh dengan telur putih atau mengganti sumber protein alternatif.

Namun, Dr Nighat yang seorang ahli kesehatan menyarankan agar tidak terpaku dengan satu penelitian ini saja. Dr Duane Mellor, Pengajar Senior di Fakultas Kedokteran Aston, Universitas Aston, mengatakan temuan ini bermaksud menyarankan seseorang untuk menghitung banyaknya telur yang dikonsumsi, bukan cara memasaknya.

"Pengaruh makanan yang dikonsumsi dengan telur tidak terlalu dipermasalahkan. Kita semua tahu telur bisa dikonsumsi sebagai makanan diet," jelas Dr Duane.

Para peneliti pun mencoba membuat hipotesis tentang efek menukar telur utuh dengan putih telur, pengganti telur, ikan, susu dan kacang-kacangan.

Tapi, gagasan mengganti telur dalam makanan dengan cara ini tidak diuji dalam penelitian dan sebaliknya mereka membandingkan orang yang mengonsumsi makan telur dan tidak mengonsumsinya.

Profesor Zhang juga tidak meminta masyarakat untuk meremehkan manfaat kesehatan dari makan telur. Ia mengatakan bahwa telur tinggi protein, vitamin dan nutrisi yang baik untuk menu diet.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Heboh Warga Lamongan Temukan Puluhan Butir Diduga Telur Buaya

Heboh Warga Lamongan Temukan Puluhan Butir Diduga Telur Buaya

Malang | Kamis, 11 Februari 2021 | 19:30 WIB

Lamongan Gempar Penemuan Telur Segede Ini di Bantaran Bengawan Solo

Lamongan Gempar Penemuan Telur Segede Ini di Bantaran Bengawan Solo

Jatim | Kamis, 11 Februari 2021 | 18:24 WIB

Studi: Makan 3 Butir Telur dalam Seminggu Tingkatkan Risiko Kematian Dini

Studi: Makan 3 Butir Telur dalam Seminggu Tingkatkan Risiko Kematian Dini

Health | Rabu, 10 Februari 2021 | 16:35 WIB

Terkini

Viral Pria Denmark Boyong Keluarga Besar Bawa Hantaran Lamaran Gadis Selomerto Wonosobo

Viral Pria Denmark Boyong Keluarga Besar Bawa Hantaran Lamaran Gadis Selomerto Wonosobo

Entertainment | Kamis, 13 Agustus 2026 | 13:28 WIB

Syarat dan Ketentuan Program Konversi Cicilan Kartu Kredit BRI via BRImo

Syarat dan Ketentuan Program Konversi Cicilan Kartu Kredit BRI via BRImo

Bri | Kamis, 13 Agustus 2026 | 13:26 WIB

Mau Terlihat Lebih Muda? Ini 5 Pilihan Warna Lipstik yang Bisa Dicoba

Mau Terlihat Lebih Muda? Ini 5 Pilihan Warna Lipstik yang Bisa Dicoba

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 13:25 WIB

Bobby Nasution Ingin Olahraga Sumut Jadi Industri Berdaya Saing

Bobby Nasution Ingin Olahraga Sumut Jadi Industri Berdaya Saing

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 13:21 WIB

Apa Itu Mesh Cushion? Ini 3 Rekomendasinya yang Paling Tahan Lama

Apa Itu Mesh Cushion? Ini 3 Rekomendasinya yang Paling Tahan Lama

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 13:18 WIB

Perkuat Hilirisasi Sawit, Kemenkop Dorong Koperasi dan LPDB Buka Akses Pembiayaan

Perkuat Hilirisasi Sawit, Kemenkop Dorong Koperasi dan LPDB Buka Akses Pembiayaan

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 13:15 WIB

Bobby Nasution Terima Penghargaan, Sumut Terbaik I Implementasi Program 3 Juta Rumah

Bobby Nasution Terima Penghargaan, Sumut Terbaik I Implementasi Program 3 Juta Rumah

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 13:12 WIB

Gaji PNS Terlambat Buntut Perang dan Krisis Minyak di Irak

Gaji PNS Terlambat Buntut Perang dan Krisis Minyak di Irak

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 13:12 WIB

10 Rekomendasi Lagu Backsound TikTok Tema Pramuka yang Membakar Semangat

10 Rekomendasi Lagu Backsound TikTok Tema Pramuka yang Membakar Semangat

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 13:10 WIB

Jelang HUT ke-81 RI, 81 Pesawat hingga Rafale Bakal Hiasi Langit Istana Merdeka

Jelang HUT ke-81 RI, 81 Pesawat hingga Rafale Bakal Hiasi Langit Istana Merdeka

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 13:10 WIB

×