alexametrics

Amankah Ibu Hamil Pakai Skincare Berbahan Dasar Acid? Ini Kata Dokter

Bimo Aria Fundrika | Dinda Rachmawati
Amankah Ibu Hamil Pakai Skincare Berbahan Dasar Acid? Ini Kata Dokter
Amankah Ibu Hamil Pakai Skincare Berbahan Dasar Acid?

Golongan acid termasuk bahan kimia yang mudah ditemukan pada produk skincare. Lalu amankah?

Suara.com - Saat tengah hamil, perempuan harus lebih memperhatikan kandungan skincare yang digunakan. Karena bisa saja bahan itu berpotensi berdampak buruk pada perkembangan janin. 

Golongan acid termasuk bahan kimia yang mudah ditemukan pada produk skincare. Dokter kulit dr. Rahma Evasari. Sp. DV., mengatakan, acid bermanfaat untuk mengeksfoliasi agar sel kulit mati terangkat. Menurutnya, kebanyakan dari golongan acid masih aman digunakan bumil.

Hanya saja, ia mengingatkan, bumil harus lebih memperhatikan persentase kandungan acid yang terdapat pada produk skincare.

"Misalnya AHA, hydroxy acid yang lebih beken belakangan ini, mungkin tipenya yang sering digunakan sehari-hari glycolic acid. Kalau harian dosisnya maksimal 10 persen," kata Rahma dalam siaran langsung Instagram 'SIKAT Skincare Aman Pada Bumil dan Busui', Minggu (14/2/2021).

Baca Juga: Ibu Hamil Tua Jual Diri di Jalan AH Nasution, Ngumpet di Hotel

Ilustrasi skincare. (Shutterstock)
Ilustrasi skincare. (Shutterstock)

Skincare untuk chemical peeling yang mengandung glycoli acid hingga 70 persen bahkan masih aman digunakan bumil, lanjut dokter Rahma. 

Sedangkan golongan acid lain seperti, Beta Hidroxy Acid (BHA) dan salicylic acid, menurut dokter Rahma masih diperdebatkan oleh sejumlah ahli. Karena beberapa pendapat menyampaikan bahwa perawatan wajah lewat irak yang mengandung turunan acid itu berbahaya bagi bumil. 

Tetapi skincare yang dioleskan masih lebih aman karena penyerapan dikulit tidak terlalu besar. 

"Jadi kalau BHA, salicylic acid maksimal 2 persen penggunaan. Salicylic acid biasanya ada di facial wash yang kontaknya cuma 2-3 menit dibasuh, itu gak apa-apa. Kecuali chemical peeling yang konsentrasinya besar sebaiknya jangan. Atau biarkan dokternya yang meresepkan," tuturnya.

Bahan lainnya yang juga berfungsi untuk eksfoliating adalah Poli Hidroxy Acid (PHA). Menurut Rahma, kandungan PHA juga tengah banyak digandrungi para perempuan dalam memilih produk skincare. 

Baca Juga: Polisi Sebut Siti Zainah Benarkan Kabar Hamil Tanpa Hubungan Seks

"Itu sebenarnya golongan ekspolian tapi juga bisa moisturizer dan lebih ringan daripada AHA. Dia lebih tidak iritatif. Karena itu kalau AHA boleh, PHA juga boleh. Jadi kalau golongan acid boleh (digunakan bumil) tapi ada presentasinya. Kalau AHA 10 persen, salicylic  acid 2 persen aja," jelasnya.

Komentar