alexametrics

Jangan Abaikan, Ini 5 Tanda Virus Corona Covid-19 Pengaruhi Aliran Darah!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Abaikan, Ini 5 Tanda Virus Corona Covid-19 Pengaruhi Aliran Darah!
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Virus corona Covid-19 bisa memengaruhi aliran darah Anda.

Suara.com - Virus corona Covid-19 adalah penyakit mematikan yang menyerang pernapasan. Tetapi, dampak virus corona Covid-19 ke organ vital juga cukup besar.

Virus corona Covid-19 bisa menyebabkan kerusakan pada jantung, otak, dan darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan kerusakan dan komplikasi pada pasien, tak terkecuali orang yang masih muda.

Komplikasi aliran darah juga bisa muncul sebagai tanda pasca-Covid-19 dan menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa karena kurangnya pengetahuan. Karena itu, banyak dokter yang memperingatkan pasien virus corona untuk berhati-hati dalam melakukan pemeriksaan preventif, termasuk setelah sembuh.

Covid-19 adalah infeksi kompleks yang melibatkan paru-paru dan jantung. Infeksi virus corona Covid-19 ini bisa menyebabkan kerusakan pada darah yang mengalir melalui pembuluh darah. Pembekuan darah yang bisa mengganggu aliran darah bisa menyebabkan gejala ringan hingga mengancam jiwa pada pasien virus corona.

Sederhananya, jika gumpalan darah menghalangi aliran darah yang mengalir melalui arteri atau vena, kondisi itu menyebabkan kerusakan jaringan dan kekurangan oksigen. Pada akhirnya, kondisi itu bisa membuat sel-sel di jaringan itu mati.

Baca Juga: Studi Ungkap Kaitan Kebiasaan Minum Kopi dengan Risiko Masalah Jantung

Ilustrasi virus corona (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona (Pixabay/mohamed_hassan)

Meskipun sebagian pembekuan darah dianggap normal, pembekuan darah yang tidak normal pada kasus virus corona Covid-19 inilah yang dikhawatirkan.

Karena, virus juga mengaktifkan sitokin dan respons peradangan dalam tubuh. Pasien dengan virus corona bisa mengharapkan peningkatan insiden pembekuan darah di tubuh.

Kini, dokter melihat tingkat masalah pembekuan darah yang sangat tinggi pada pasien virus corona Covid-19 yang dirawat di rumah sakit, baik pada orang tua maupun orang yang lebih muda.

Masalah pembekuan darah tidak hanya bisa meluas, tetapi juga membawa risiko paling besar bagi orang yang memiliki masalah medis sebelumnya. Karena, kondisi ini bisa memengaruhi aliran darah yang sehat, termasuk diabetes, tekanan darah tinggi atau penyakit jantung.

Berikut ini dilansir dari Times of India, dampak virus corona Covid-19 telah memengaruhi aliran darah Anda.

Baca Juga: Mungkinkah Virus Corona Menular dari Kemasan Makanan? Berikut Kata Pakar

1. Trombosis

Komentar