alexametrics

36 Ribu Orang Meninggal Akibat Covid-19 dalam Setahun, Ini Kata Wamenkes

Vania Rossa | Lilis Varwati
36 Ribu Orang Meninggal Akibat Covid-19 dalam Setahun, Ini Kata Wamenkes
Ilustrasi Covid-19.(Pixabay/fernandozhiminaicela)

Wamenkes menyebut wabah Covid-19 bagaikan perang dunia ketiga.

Suara.com - Kasus positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 1,34 juta orang dalam satu tahun. Selain itu, lebih dari 36 ribu orang meninggal dunia akibat infeksi yang disebabkan oleh virus corona SARS Cov-2 tersebut. Wakil Menteri Kesehatan atau Wamenkes dr. Dante Saksono Harbuowono menyampaikan ucapan belangsukawa atas puluhan ribu nyawa yang meninggal tersebut.

"Sekitar 1 tahun ini yang harus kita sampaikan adalah ucapan berduka cita karena ada 36.525 rakyat kita yang wafat karena Covid-19, untuk itu kami sangat berduka cita dengan peristiwa yang terjadi dalam tahun ini. Di samping itu sudah ada 1,3 juta penduduk yang terinfeksi Covid-19," kata Dante dalam webinar Satgas Penanganan Covid-19, Selasa (2/3/2021).

Dante menyebut wabah Covid-19 bagaikan perang dunia ketiga. Sebab tidak hanya mempengaruhi sektor kesehatan, tetapi juga pendidikan, hingga ekonomi masyarakat.

"Saya selalu menganggap ini sebagai salah satu bentuk perang dunia ke-3. Kalau perang dunia pertama dan kedua adalah secara fisik, perang dunia ke-3 ini musuhnya tak kasat mata," kata Dante.

Baca Juga: Setelah Bali, Kemenkes Siapkan Vaksinasi Covid-19 Drive Thru di Jakarta

Ia memahami kondisi pandemi Covid-19 telah membuat masyarakat jenuh. Tetapi, Dante mengingatkan bahwa masyarakat juga harus tetap bersinergi dengan pemerintah dalam upaya penularan virus corona.

"Mungkin kita akan bisa mengatasi pandemi ini secepatnya atau akan terus jadi seperti ini, kita tidak tahu. Apakah dalam kebudayaan dan sosiologi masyarakat di dunia ini akan menerapkan sebuah dunia yang baru, di mana kita harus tetap melakukan pekerjaan seperti ini, menerapkan protokol kesehatan," tuturnya.

"Satu tahun memang menjadi waktu yang sangat panjang untuk melakukan ini semua. Tetapi saya harap masyarakat bisa bersama-sama dengan pemerintah untuk melakukan hal-hal yang terbaik untuk kebaikan kita semua," imbuh Dante.

Komentar