alexametrics

Apa itu Long Covid? Temukan Penjelasannya di Sini!

Rifan Aditya
Apa itu Long Covid? Temukan Penjelasannya di Sini!
Ilustrasi Covid-19, apa itu long covid, dan seperti apa dampak long Covid-19? (Pexels)

Sebenarnya, apa itu long covid, dan seperti apa dampak long Covid-19?

Suara.com - Bagi kebanyakan orang, Covid-19 merupakan penyakit yang singkat dan ringan. Namun, bagi sebagian lainnya, Covid-19 harus dihadapi dalam jangka waktu yang lama dan sederet keluhan kesehatan yang terus-menerus menetap. Seperti contohnya adalah kasus long Covid-19. Sebenarnya, apa itu long covid, dan seperti apa dampak long Covid-19?

Mengenal Apa itu Long Covid

Long covid merupakan kondisi gejala Covid-19 yang dialami oleh pasien yang telah sembuh dari virus Corona. Istilah long Covid merupakan suatu gejala Covid-19 jangka panjang yang dialami oleh pasien beberapa bulan pasca infeksi atau saat masa pemulihan.

Dari sejumlah studi, gejala long Covid banyak dijumpai pada pasien yang berusia 18-34 tahun. Sementara itu, sekitar 20 persen pasien long Covid mengalami gejala yang bersifat menetap.

Baca Juga: Anak Juga Bisa Alami Dampak Jangka Panjang Covid-19, Ini Gejalanya

Dampak long Covid tentunya akan mengurangi kualitas hidup seseorang dan tidak menutup kemungkinan akan muncul gejala berat pada kasus-kasus khusus. 

Gejala Long Covid

Pada umumnya, gejala long Covid yang muncul di bidang THT-KL antara lain:

  • Hilangnya kemampuan untuk mencium bau (anosmia) dan gangguan indera penciuman dalam mengidentifikasi bau-bauan (parosmia).
  • Hilangnya kemampuan mengecap (dysgeusia), juga menjadi salah satu gejala yang kerap ditemukan pada pasien dengan long Covid.
  • Gejala lain yang sering muncul adalah batuk, sesak napas, nyeri otot, diare, mual, malaise, nyeri perut, dan gangguan saraf.
  • Tidak jarang pula muncul gejala berupa kesulitan berpikir, napas pendek pendek, gangguan irama jantung, dan gejala Covid lainnya. 
INFOGRAFIS: Istilah baru 'Long Covid-19'. Apakah itu?
INFOGRAFIS: Istilah baru 'Long Covid-19'. Apakah itu?

Cara Mendeteksi Long Covid

Dokter spesialis patologi klinik Primaya Hospital Bekasi Timur, dr Muhammad Irhamsyah SpPK M.Kes, menjelaskan dalam mendeteksi pasien yang mengalami long Covid bisa dilakukan dengan beberapa tahapan. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:

Baca Juga: Positif Virus Corona Covid-19, Wanita Ini Baru Pulih Total setelah 3 Bulan

  • Wawancara
  • Pemeriksaan fisik
  • Riwayat penyakit sebelumnya
  • Pemeriksaan penunjang oleh dokter-dokter ahli agar dapat menentukan bahwa pasien mengalami gejala long Covid. Pemeriksaan penunjang juga berperan sangat penting untuk membantu klinis apakah gejala yang dialami oleh pasien adalah gejala Covid-19 atau tidak.

Bagaimana, setelah membaca ulasan singkat di atas, sekarang Anda sudah paham tentang apa itu long Covid, bukan?

Komentar