alexametrics

Air Panas atau Dingin, Mana yang Lebih Baik untuk Keramas?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Air Panas atau Dingin, Mana yang Lebih Baik untuk Keramas?
Ilustrasi keramas, mandi. (Shutterstock)

Menjaga kesehatan rambut bukan hanya terkait dengan produk sampo yang Anda gunakan, namun juga temperatur air juga bisa berpengaruh.

Suara.com - Selain sampo dan frekuensi keramas, pilihan air panas atau dingin juga berperan  dalam menjaga kekuatan dan volume rambut Anda. Ketika akar rambut bertemu air hangat, pori-pori folikel rambut Anda membesar dan terbuka secara alami.

Di sisi lain, air dingin menyebabkan kontraksi pori-pori dan membuatnya terkunci rapat. Hal ini yang kemudian akan mengurangi rambut rontok dengan meningkatkan cengkeraman folikel rambut pada batang rambut Anda.

Melansir dari Healthshosts, air panas efektif untuk melarutkan kotoran dan membuka pori-pori kulit kepala, sehingga memungkinkan sampo membuka folikel rambut Anda secara efisien. Air panas menstimulasi aliran darah ke folikel, mendorong pertumbuhan rambut, menghilangkan kelebihan minyak, dan menciptakan tekstur tebal yang membuat rambut Anda terlihat lebih tebal.

Masalahnya, selain membersihkan penumpukan, air panas juga bisa menghilangkan minyak esensial alami dari kulit kepala dan menyebabkan kekeringan. Terlebih lagi, kutikula rambut yang suhunya ditinggikan akan membuat kelembapan keluar dari helai rambut, mengakibatkan rambut kusut, kering, dan berkentombe.

Baca Juga: Viral Dokter Beri Tips Keramas Sesuai Prokes Covid, Warganet Kira Bercanda

Suhu tinggi juga memutus ikatan keratin dan lipid pada kutikula rambut serta merusaknya.

Ilustrasi keramas (Pixabay/jackmac34)ff
Ilustrasi keramas (Pixabay/jackmac34)ff

Sementara saat  air dingin bisa memulihkan ikatan keratin dan lipid, ini menyembuhkan kerusakan pada batang rambut serta memberikan tekstur yang lembut dan halus.

Mencuci rambut dengan air dingin membantu mempertahankan minyak dan sebum alami yang menjaga kulit kepala dan rambut tetap terhidrasi. Selain itu, mencuci kulit kepala dengan air dingin dapat membantu menutup pori-pori dan menjaga kebersihan kulit kepala.

Penggunaan air panas secara berlebihan menyebabkan rambut stres, kusut, rapuh, dan kering. Sementara air dingin cenderung memerangkap kelembapan di rambut, mengakibatkan kelembapan berlebih, membuat rambut terlihat datar tanpa volume.

Untuk menjaga keseimbangan rambut, Healthshost menyarankan untuk membilas rambut dengan air hangat sekitar 38 derajat celcius untuk membilas sampo kemudian menggunakan air dingin untuk membilas kondisioner. 

Baca Juga: Jangan Keramas Pakai Sampo Tiap hari, Ahli Peringatkan Bahayanya

Komentar