facebook

Mau Olahraga Selama Puasa? Simak Saran Dokter Berikut

Rauhanda Riyantama | Fita Nofiana
Mau Olahraga Selama Puasa? Simak Saran Dokter Berikut
Situasi pandemi tidak menyurutkan kebutuhan berolahraga.

Jangan malas olahraga meski sedang puasa, yuk simak saran dokter berikut.

Suara.com - Berpuasa selama Ramadan tentu bukan jadi alasan untuk bermalas-malasan, termasuk berolahraga. Dalam hal ini, dokter Ranj Singh, dokter presenter di acara televisi Inggris memberikan sarannya untuk tetap aktif secara fisik selama puasa.

Melansir dari BBC, Dr Ranj merekomendasikan olahraga ringan seperti jalan cepat, jogging ringan, dan latihan aerobik ringan lainnya. Namun menurutnya, Anda perlu menekankan pentingnya mengatur waktu olahraga Anda selama puasa.

"Banyak orang akan merasa lebih mudah untuk berolahraga ketika mereka bangun di pagi hari sebelum fajar dengan cara itu mereka memiliki kesempatan untuk membangun simpanan energi mereka dalam semalam," ujar dokter Ranj

"Ini mungkin cara terbaik karena otot Anda akan membutuhkan energi agar siap tersedia," imbuhnya.

Baca Juga: Puasa Ramadhan, Baca Agar Tahu Hukum Bersetubuh Pas Siang Hari

Ilustrasi Olahraga di Rumah. (freepik)
Ilustrasi Olahraga di Rumah. (freepik)

Namun Dr Ranj mengakui bahwa berolahraga di pagi hari mungkin tidak ideal untuk semua orang selama puasa. Dalam hal ini ia menyarankan untuk olahraga sebelum buka puasa atau setelah buka puasa.

"Banyak pusat kebugaran juga sekarang buka 24 jam sehari atau Anda dapat berolahraga dari rumah," ujar Dr Ranj.

"Memilih berjalan kaki, daripada mengemudi untuk ke masjid untuk sholat Isya atau menaiki tangga daripada menggunakan lift bisa menjadi bagian olahraga ringan," imbuhnya.

Olahraga lain yang disarankan adalah yoga di mana tidak membutuhkan gerakan, maupun bowling hingga berlari di atas treadmill.  

Baca Juga: Catat, 5 Waktu yang Terbaik untuk Cek Gula Darah Pasien Diabetes Saat Puasa

Komentar