Asupan Berikut Picu Testosteron Rendah, Lemahkan Libido dan Seks Pria

Cesar Uji Tawakal, Fita Nofiana

Minggu, 25 April 2021 | 20:00 WIB
Asupan Berikut Picu Testosteron Rendah, Lemahkan Libido dan Seks Pria
pexels.com/@alex-green

Suara.com - Testosteron adalah hormon seks pria yang memainkan peran penting dalam reproduksi dan fungsi seksual. Sayangnya 20 persen hingga 50 persen pria Amerika mengalami kekurangan testosteron.

Melansir dari Eat This, pria yang hidup dengan kadar testosteron rendah secara klinis mungkin mengalami hilangnya libido, ketidakmampuan berhubungan seksual, dan memiliki energi rendah. Dalam hal ini, penelitian baru yang diterbitkan pada Journal of Urology menyatakan bahwa rendahnya testosteron bisa dipengaruhi oleh pola makan.

"Pria dengan testosteron rendah memiliki tingkat sitokin pro-inflamasi yang lebih tinggi," kata rilis berita studi tersebut. Peneliti menambahkan bahwa sitokin adalah protein kecil yang dilepaskan oleh sel selama cedera, infeksi atau sebagai respons terhadap faktor inflamasi di lingkungan.

Dengan kata lain, testosteron rendah dikaitkan dengan peradangan yang lebih tinggi. Studi tersebut mengamati pola makan dan data tingkat hormon dari 4.200 peserta.

"Untuk pria dengan pola makan paling pro-inflamasi, kemungkinan kekurangan testosteron sekitar 30 persen lebih tinggi dibandingkan pria dengan diet paling anti-inflamasi," catat para peneliti.

"Hubungan ini tetap signifikan setelah penyesuaian karakteristik lain, termasuk indeks massa tubuh dan merokok," imbuhnya.

Ilustrasi pria sakit. (Unsplash/christopher lemercier)
Ilustrasi pria sakit. (Unsplash/christopher lemercier)

Makanan yang menyebabkan peradangan antara lain daging olahan, makanan tinggi gula, dan beberapa makanan cepat saji.

Meskipun begitu, para peneliti menunjukkan bahwa penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk melihat pengaruh makanan inflamasi pada testosteron.

"Hasil kami menunjukkan pria yang makan makanan pro-inflamasi, terutama mereka yang mengalami obesitas lebih cenderung mengalami defisiensi testosteron," ujar para peneliti.

baca juga

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Awas! Pola Makan Ini Bersiko Kena Penyakit Jantung Hingga Kematian

Awas! Pola Makan Ini Bersiko Kena Penyakit Jantung Hingga Kematian

Health | Kamis, 22 April 2021 | 16:10 WIB

Jaga Kesehatan Pria, Yuk Konsumsi Lima Asupan Berikut

Jaga Kesehatan Pria, Yuk Konsumsi Lima Asupan Berikut

Health | Senin, 19 April 2021 | 11:54 WIB

Lebih Baik dari Asupan Berlemak, Konsumsi Makanan Berikut agar Ginjal Sehat

Lebih Baik dari Asupan Berlemak, Konsumsi Makanan Berikut agar Ginjal Sehat

Health | Minggu, 18 April 2021 | 14:53 WIB

Terkini

Dinding Gudang Bulog Jebol Akibat Gempa M 7,7 Nagekeo NTT, Stok Beras di Bima Berhamburan

Dinding Gudang Bulog Jebol Akibat Gempa M 7,7 Nagekeo NTT, Stok Beras di Bima Berhamburan

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:40 WIB

Rakyat sebagai Tameng Kebijakan: Menutupi Cacat Program Lewat Narasi Mulia

Rakyat sebagai Tameng Kebijakan: Menutupi Cacat Program Lewat Narasi Mulia

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:40 WIB

Vino G Bastian Ubah Total Bentuk Tubuhnya Demi Film Adaptasi India Drishyam

Vino G Bastian Ubah Total Bentuk Tubuhnya Demi Film Adaptasi India Drishyam

Entertainment | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:38 WIB

Menag Nasaruddin Umar Ungkap Skema Wakaf Saham Masih Diperbaiki

Menag Nasaruddin Umar Ungkap Skema Wakaf Saham Masih Diperbaiki

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:36 WIB

KPK Periksa Ketua DPRD Kuansing hingga Eks Pj Sekda di Kasus Suhardiman Amby

KPK Periksa Ketua DPRD Kuansing hingga Eks Pj Sekda di Kasus Suhardiman Amby

Riau | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:29 WIB

BAIC BJ30 HEV Dominasi Penjualan di GIIAS 2026 Mobil Listrik T1 Mulai Dilirik

BAIC BJ30 HEV Dominasi Penjualan di GIIAS 2026 Mobil Listrik T1 Mulai Dilirik

Otomotif | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:23 WIB

Laptop Gaming Bukan Cuma Buat Mabar: ASUS Bongkar Rahasia AI Lokal Biar Kerja 2x Lebih Cepat!

Laptop Gaming Bukan Cuma Buat Mabar: ASUS Bongkar Rahasia AI Lokal Biar Kerja 2x Lebih Cepat!

Tekno | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:19 WIB

Nyoman Nadiana dan Konsep Keberlanjutan untuk Desa Les di Mata Dunia

Nyoman Nadiana dan Konsep Keberlanjutan untuk Desa Les di Mata Dunia

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:15 WIB

4 Serum Kolagen dan Peptide untuk Wanita Usia 30 Tahun ke Atas, Bikin Wajah Awet Muda

4 Serum Kolagen dan Peptide untuk Wanita Usia 30 Tahun ke Atas, Bikin Wajah Awet Muda

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:15 WIB

Jejak Don Rare di Desa Les: Merawat Tradisi Bali Utara Bersama Astra

Jejak Don Rare di Desa Les: Merawat Tradisi Bali Utara Bersama Astra

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:00 WIB

×