Lebih Baik dari Asupan Berlemak, Konsumsi Makanan Berikut agar Ginjal Sehat

Cesar Uji Tawakal, Fita Nofiana

Minggu, 18 April 2021 | 14:53 WIB
Lebih Baik dari Asupan Berlemak, Konsumsi Makanan Berikut agar Ginjal Sehat
Ilustrasi diet dengan gizi seimbang, pola makan sehat, panduan makan dengan gizi seimbang. (Shutterstock)

Suara.com - Telah diketahui bahwa nutrisi yang cukup seperti lemak sehat, karbohidrat kompleks, dan protein tanpa lemak dapat meningkatkan kesehtan, termasuk ginjal.

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa meningkatkan satu nutrisi dasar bisa menjadi cara sederhana untuk membantu Anda menghindari penyakit ginjal.

Melansir dari Eat This, studi baru dari Seoul National University College of Medicine diterbitkan menunjukkan bahwa konsumsi makanan sehat bisa menyehatkan ginjal.

Penelitian dilakukan setelah melihat rasio kalori dari makronutrien yang dikonsumsi partisipan.

Penelitian ini telah diterbitkan pada The American Journal of Clinical Nutrition.

Tujuan para peneliti ini adalah untuk mengidentifikasi keseimbangan pola makan yang sehat yang dapat mencegah penyakit ginjal kronis.

Ilustrasi perempuan dengan diet atau pola makan sehat. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan dengan diet atau pola makan sehat. (Shutterstock)

Studi ini menggunakan data dari 567.000 peserta dan menetapkan rasio makronutrien dasar pada 50 persen karbohidrat, 35 persen lemak, dan 15 persen protein.

Mereka menemukan bahwa asupan protein relatif yang lebih tinggi pada subjek penelitian dengan fungsi ginjal normal secara signifikan dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah penyakit ginjal kronis dan penyakit ginjal stadium akhir.

Sebaliknya, individu dengan asupan lemak lebih tinggi juga berisiko lebih tinggi mengalami gangguan fungsi ginjal.

baca juga

Beberapa protein sehat bisa didapatkan dari berbagai jenis ikan, telur, dan asupan lainnya. Sementara makanan berlemak tinggi seperti daging merah perlu Anda hindari untuk tetap menjaga kesehatan ginjal

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Studi Sebut Masa Kehamilan Tingkatkan Risiko Batu Ginjal

Studi Sebut Masa Kehamilan Tingkatkan Risiko Batu Ginjal

Health | Minggu, 18 April 2021 | 12:00 WIB

Eka Hospital Gunakan Metode Tanos untuk Lawan Batu Ginjal

Eka Hospital Gunakan Metode Tanos untuk Lawan Batu Ginjal

Press Release | Jum'at, 16 April 2021 | 09:08 WIB

Atasi Hipertensi dengan Denervasi Ginjal, Bagaimana Cara Kerjanya?

Atasi Hipertensi dengan Denervasi Ginjal, Bagaimana Cara Kerjanya?

Health | Kamis, 08 April 2021 | 17:50 WIB

Terkini

Andrie Yunus Alami Kecemasan Berat, KontraS Ungkap Kondisi Terkini

Andrie Yunus Alami Kecemasan Berat, KontraS Ungkap Kondisi Terkini

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:35 WIB

3 Juta KK Sudah Masuk Perlinsos Digital, Pemerintah Uji Sistem di 43 Daerah

3 Juta KK Sudah Masuk Perlinsos Digital, Pemerintah Uji Sistem di 43 Daerah

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:33 WIB

Jepang-Rusia Memanas! Kunjungan Putin dengan Kapal Perang ke Kuril Bikin Tokyo Murka

Jepang-Rusia Memanas! Kunjungan Putin dengan Kapal Perang ke Kuril Bikin Tokyo Murka

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:31 WIB

Pergi Jauh, Tanah Air Tetap Jadi Rumah: Kisah Diaspora Memaknai Indonesia

Pergi Jauh, Tanah Air Tetap Jadi Rumah: Kisah Diaspora Memaknai Indonesia

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:25 WIB

91% Orang Indonesia Anggap Kesehatan Holistik Penting, Ternyata Bukan Sekadar Bebas Penyakit

91% Orang Indonesia Anggap Kesehatan Holistik Penting, Ternyata Bukan Sekadar Bebas Penyakit

Health | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:09 WIB

Produksi Melimpah Harga Jatuh, Wakil Ketua DPRD Jateng Soroti Nasib Petani Garam

Produksi Melimpah Harga Jatuh, Wakil Ketua DPRD Jateng Soroti Nasib Petani Garam

Jawa Tengah | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:00 WIB

BTN dan PPATK Renovasi 20 RTLH, Bantu Wujudkan Hunian Layak bagi Keluarga Prasejahtera

BTN dan PPATK Renovasi 20 RTLH, Bantu Wujudkan Hunian Layak bagi Keluarga Prasejahtera

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:55 WIB

Cerdas! Begini Langkah Kang Edai Mengubah Desa Kemiren Jadi Naik Kelas

Cerdas! Begini Langkah Kang Edai Mengubah Desa Kemiren Jadi Naik Kelas

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:55 WIB

Arti Penting Berlian bagi Anggun C Sasmi: Bukan Sekadar Aksesori, tapi Self-Reward

Arti Penting Berlian bagi Anggun C Sasmi: Bukan Sekadar Aksesori, tapi Self-Reward

Entertainment | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:54 WIB

5 Rekomendasi Sunscreen Ectoin untuk Memperbaiki Skin Barrier dan Anti Polusi

5 Rekomendasi Sunscreen Ectoin untuk Memperbaiki Skin Barrier dan Anti Polusi

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:46 WIB

×