facebook

Manfaat Kesehatannya Banyak, Kapan Waktu Terbaik untuk Mandi Air Dingin?

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Manfaat Kesehatannya Banyak, Kapan Waktu Terbaik untuk Mandi Air Dingin?
Ilustrasi mandi air dingin. (Unsplash/Hannah Xu)

Ahli jelaskan waktu terbaik untuk mandi air dingin dan lama durasi yang disarankan.

Suara.com - Anda mungkin sudah paham manfaat kesehatan mandi air dingin yang sudah dibahas beberapa kali. Tapi, banyak orang mungkin belum paham waktu yang tepat untuk mandi air dingin supaya mendapatkan manfaatnya maksimal.

Ada bukti yang menunjukkan bahwa berenang air dingin secara teratur bisa meningkatkan suasana hati, menurunkan stres, meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Saat Anda mandi air dingin, hal ini akan memicu respons stres dan Anda akan mulai mengalami hiperventilasi, detak jantung melonjak dan tubuh penuh adrenalin.

Tapi, tubuh akan mulai beradaptasi dan respons stres akan mulai berkurang seiring waktu. Hal ini bisa terjadi karena tubuh sudah terbiasa mandi air dingin dan akan menyerap manfaatnya.

Baca Juga: Terungkap! Virus Corona Kuno Pernah Melanda Asia Timur 25 Ribu Tahun Lalu

Mike Tipton, profesor fisiologi manusia dan terapan di laboratorium lingkungan ekstrem di Universitas Portsmouth telah menjelaskan mandi air dingin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ilustrasi Mandi. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi Mandi Air Dingin. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Tapi, ia menemukan bukti lebih spesifik bahwa sistem kekebalan yang meningkat itu diperoleh dari mandi air dingin dengan durasi pendek, bukan durasi panjang.

"Bukti ini menunjukkan efek menguntungkan dari mandi air dingin dengan durasi pendek. Sedangkan, mandi air dingin terlalu lama dengan tujuan agar sensasi dingin masuk lebih dalam ke kulit justru akan merugikan," kata Mike Tipton dikutip dari Express.

Penelitian di Belanda juga menyatakan bahwa berendam atau mandi air dingin 30 detik saja sudah cukup memberikan manfaat kesehatan. Tapi, seseorang harus mencoba dan mengembangkannya menjadi 1 menit.

Profesor Tipton mengatakan ketika tubuh mulai beradaptasi dengan air dingin, Anda bisa mandi atau berendam selama sekitar 45 detik. Namun, ia menyarankan orang-orang secara umum untuk mandi air dingin selama 1 hingga 1,5 menit.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Balikpapan, WNA India Dilarang Masuk

Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman untuk merendamkan tubuhnya ke dalam air dingin, tetapi ini juga bisa menyegarkan tubuh. Karena, air yang lebih dingin dari suhu alami tubuh menyebabkan tubuh bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu intinya.

Jika mandi air dingin lebih rutin, maka sistem peredaran darah lebih efisien. Seiring waktu, tubuh menjadi lebih terbiasa dengan sensasi air dingin ini pada sistem dan manfaat kesehatan dimulai.

Sementara itu, pakar kesehatan juga memberi sara waktu terbaik untuk berendam atau mandi air dingin adalah pagi hari untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Rangsangan dingin dan hangat mengerutkan dan melebarkan pembuluh darah Anda yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa air dingin bisa mengurangi nyeri otot dan mendukung pemulihan setelah olahraga.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar