alexametrics

Cara Ronnie Wood Gitaris Rolling Stones Lawan Kanker untuk Kedua Kalinya

Risna Halidi | Lilis Varwati
Cara Ronnie Wood Gitaris Rolling Stones Lawan Kanker untuk Kedua Kalinya
Ronnie Wood dan Sally [shutterstock]

Rocker berusia 73 tahun itu mengungkapkan bahwa belum lama ini dia didiagnosis sakit kanker agresif langka yang disebut kanker sel kecil.

Suara.com - Gitaris Rolling Stones Ronnie Wood mengaku harus kembali berjuang melawan penyakit kanker selama masa penguncian Pandemi Covid-19

Berbicara kepada The Sun, rocker berusia 73 tahun itu mengungkapkan bahwa belum lama ini dia didiagnosis sakit kanker agresif langka yang disebut kanker sel kecil. Sebelumnya, Ronnie juga pernah sakit kanker paru-paru pada 2017 lalu.

"Saya menderita kanker dengan dua cara berbeda sekarang. Saya menderita kanker paru-paru pada tahun 2017 dan baru-baru ini saya memiliki sel kecil yang saya perjuangkan dalam penguncian terakhir," kata Ronnie.

Saat awal diberitahu kembali sakit kanker, Ronnie mengaku alami kesulitan. Tetapi pada akhirnya, ia menerima kondisi dirinya dan kembali berjuang melawan kanker.

Baca Juga: Ramadhan Journey, Mengenal Tradisi Budaya Jajirah Arab,Persia Hingga Turki

"Yang bisa saya lakukan adalah tetap positif dalam sikap saya, menjadi kuat dan melawannya. Sisanya tergantung pada kekuatan saya yang lebih tinggi," ucap Ronnie dikutip dari Hello Magazine.

Dilansir dari Cancer.gov, kanker paru-paru sel kecil adalah penyakit di mana sel-sel ganas terbentuk di jaringan paru-paru. Kebiasaan merokok termasuk faktor risiko utama seseorang didiagnosa kanker paru-paru sel kecil.

Kebiasaan merokok sebanyak 25 hingga 30 batang sehari selama 54 tahun disebut-sebut jadi pemicu Ronnie Wood sakit kanker paru-paru pada 2017. Ia kemudian menjalani operasi untuk mengangkat tumor dan dinyatakan sembuh total.

Sejak berhasil mengalahkan sakitnya, Ronnie jadi lebih memperhatikan kesehatan. Istrinya Sally mengatakan, Ronnie tak pernah lagi merokok juga konsumsi alkohol.

"Ronnie sangat fokus pada kesehatannya, dibandingkan dengan masa lalunya. Itu perubahan yang sangat besar. Dia tidak merokok atau minum, begitu pula aku," kata Sally.

Baca Juga: Infodemi Memperburuk Pandemi Covid-19 di Indonesia, Rusak Fisik dan Mental

Ia menambahkan bahwa suaminya juga banyak membaca informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Baik saat si mobil, di tempat tidur, maupun di studionya. 

"Sangat penting baginya untuk motivasi dan inspirasi spiritual. Dia membaca satu halaman setiap hari dan akan sering berkata,'Sall, ini bagus. baca itu'," cerita Sally.

Komentar