alexametrics

Virus Corona Covid-19 Bisa Picu Insomnia, Begini Cara Mengatasinya!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Virus Corona Covid-19 Bisa Picu Insomnia, Begini Cara Mengatasinya!
Ilustrasi insomnia (shutterstock)

Orang yang pulih dari virus corona Covid-19 bisa mengalami insomnia.

Suara.com - Virus corona Covid-19 bukan hanya sekadar penyakit yang menyerang fisik manusia, tetapi juga kesehatan mental. Banyak orang mengalami kecemasan atau ketakutan berinteraksi sosial karena takut penularan virus corona.

Para ahli kesehatan juga menemukan virus corona Covid-19 bisa menyebabkan insomnia pada banyak orang, selain memicu masalah kesehatan fisik dan mental.

Mereka menemukan banyak orang telah mengalami insomnia bersamaan dengan depresi dan kecemasan setelah pulih dari virus corona Covid-19. Jika Anda termasuk penyintas virus corona Covid-19 yang juga mengalami insomnia, mungkin Anda perlu memahami gejala dan cara mengatasinya.

Gejala insomnia

Baca Juga: Ilmuwan Sebut Vaksin Moderna Ampuh Lawan Varian Baru Virus Corona India

Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat seseorang sulit tidur atau tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Kondisi ini bisa menghambat pemulihan dan menyebabkan banyak masalah lainnya.

Beberapa gejala umum insomnia termasuk sulit tidur dan tidak merasa segar setelah bangun. Kondisi ini dilansir dari Times of India, bisa menyebabkan beberapa gejala kelelahan, iritasi dan perubahan suasana hati.

Ilustrasi insomnia (Shutterstock)
Ilustrasi insomnia (Shutterstock)

Penyebab insomnia setelah pulih dari virus corona

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami insomnia pasca pemulihan virus corona Covid-19. Beberapa penyebabanya, termasuk kecemasan, stres dan kesepian akibat tinggal sendiri selama berminggu-minggu di rumah atau di ruang isolasi atau dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis.

Akibatnya, tidur siang juga menyebabkan masalah tidur seseorang di malam hari. Karena itu, pasien virus corona Covid-19 biasanya disarankan untuk tidak tidur siang terlalu lama.

Baca Juga: Waspadai Infeksi Jamur Hitam pada Pasien Covid-19, Ini 5 Gejalanya!

Cara mengatasinya

Pemulihan efek samping akibat virus corona Covid-19 mungkin membutuhkan waktu yang lama. Anda harus konsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi. Berikut ini, beberapa cara yang disarankan para ahli untuk mengatasi insomnia.

1. Batasi waktu layar

Anda harus mulai membatasi waktu melihat layar laptop atau ponsel selama masa isolasi atau perawatan setelah pemulihan. Karena, membatasi kebiasaan melihat media sosial dan bermain gadget akan membuat pikiran lebih tenang.

2. Rutinitas

Anda harus memiliki jadwal atau rutinitas waktu tidur yang bisa membantu Anda mudah tertidur. Cobalah tidur malam di waktu yang sama setiap harinya.

3. Jangan minum kafein

Konsumsi minuman berkafein bisa mengganggu pola tidur Ada. Karena itu, lebih baik Anda mengonsumsi minuman non-kafein untuk membantu meningkatkan kualitas tidur.

4. Olahraga

Rutin olahraga atau sering melakukan aktivits fisik akan membantu Anda lebih mudah tidur malam tanpa gangguan. Jika Anda kesulitan melakukan olahraga di luar rumah, Anda bisa melakukannya di dalam rumah atau dalam kamar.

5. Meditasi

Bila semua cara masih sulit membuat Anda tidur malam secara teratur, Anda bisa meminta resep obat dari dokter. Selain itu, Anda bisa melakukan meditasi untuk menenagkan diri dan pikiran agar lebih mudah tidur.

Komentar