alexametrics

Benarkah Sensasi Hidung Terbakar adalah Gejala Virus Corona Covid-19?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Benarkah Sensasi Hidung Terbakar adalah Gejala Virus Corona Covid-19?
Ilustrasi virus corona Covid-19, hidung (Pixabay/Coyot)

Sensasi hidung terbakar diduga gejala virus corona Covid-19.

Suara.com - Banyak gejala yang ditimbulkan oleh virus corona Covid-19, meskipun umumnya berupa batuk terus-menerus, demam tinggi dan kehilangan indra penciuman serta rasa.

Tapi sekarang, virus corona Covid-19 telah banyak bermutasi dan menyebabkan manifestasi gejala yang berbeda pada organ vital. Sedangkan, gejala saluran pernapasan bagian atas nampaknya jarang terjadi.

Salah satu cara utama virus corona Covid-19 menginfeksi tubuh adalah melalui hidung. Rongga hidung juga kaya akan reseptor ACE-2, yang merupakan enzim tempat protein lonjakan virus menempel dan membantu penyebaran.

Penyebab gejala saluran pernapasan again atas terlalu umum pada kasus virus corona Covid-19 adalah konsentrasi reseptor ACE-2 paling tinggi di hidung. Karena itu, para ilmuwan berupaya mengembangkan vaksin Covid-19 hidung yang mencegah penyebaran dan infeksi di tingkat dasar.

Baca Juga: Pakar: Virus Corona Mungkin akan Membentuk Super Mutan

Penelitian lebih lanjut telah menemukan bahwa infeksi saluran pernapasan bagian atas bisa menyebabkan banyak gejala ringan atau sedang, termasuk hidung tersumbat. Tapi, apakah hidung terbakar juga termasuk gejala virus corona?

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Sensasi terbakar di hidung bukanlah gejala virus corona Covid-19 yang umum, tapi telah dikemukakan dan dilaporkan oleh banyak orang. Menurut studi klinis, hidung terbakar adalah gejala umum pasien virus corona yang mengalami penyumbatan sinus dan hidung tersumbat.

Namun dilansir dari Times of India, sensasi hidung terbakar juga bisa disebabkan oleh pertumbuhan bakteri atau jamur atau infeksi virus lainnya. Sensasi terbakar di hidung ini bisa disebabkan oleh infeksi yang mendasari, sinus yang terganggu atau penyumbatan.

Kondisi ini biasanya terjadi akibat peradangan di saluran hidung yang memicu penyebaran patogen. Sama halnya dengan virus corona Covid-19, penyebabnya juga tidak jelas.

Sebagian besar kasus mengamati gejala ini lebih umum terjadi pada orang yang mengalami sinus tersumbat. Karena, virus menyebabkan peradangan yang meluas, iritasi atau alergi hidung bisa menjadi lebih umum.

Baca Juga: Spekulasi Virus Corona Berasal dari Laboratorium China Muncul Lagi, Bagaimana Faktanya?

Selain sensasi terbakar di hidung, beberapa gejala hidung lainnya yang bisa dialami pasien virus corona Covid-19, antara lain:

Komentar