alexametrics

Lengan Sakit Usai Suntik Vaksin Covid-19? Coba Gerakan Ini untuk Mengurangi Nyeri

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Lengan Sakit Usai Suntik Vaksin Covid-19? Coba Gerakan Ini untuk Mengurangi Nyeri
Ilustrasi vaksinasi. [Antara]

Lengan yang terasa sakit setelah suntik vaksin Covid-19 termasuk efek samping umum yang bisa diatasi.

Suara.com - Suntik vaksin Covid-19 sama halnya dengan suntikan vaksin lainnya yang bisa menimbulkan sejumlah efek samping. Lengan yang terasa sakit atau pegal setelah suntik vaksin Covid-19 adalah salah satu efek samping yang paling umum.

Baru-baru, viral di TikTok yang memperlihatkan seseorang memutar lengannya seperti kincir angin untuk mengatasi rasa sakit atau pegal setelah suntik vaksin Covid-19. Para ahli mengatakan metode itu cukup masuk akal.

Seorang pengguna TikTok yang menjadi viral, Chelly mengatakan mengayunkan tangan seperti gerakan kincir angin dalam setelah beberapa jam suntik vaksin Covid-19 cukup membantunya mengatasi lengan yang terasa sakit.

"Cara ini cukup bekerja lebih baik sehingga lengan saya tidak sakit esok harinya," jelas Chelly dikutip dari The Sun.

Baca Juga: Update Covid-19 Global: Tingkat Kematian Malaysia Terbanyak ke-3 di ASEAN

Menurut Dr Peter Chin-Hong, spesialis penyakit menular dan profesor kedokteran di University of California San Francisco, metode yang dilakukan oleh Chelly dan menjadi viral itu cukup masuk akal baginya. Pada dasarnya, gerakan tangan yang dilakukan Chelly itu justru meningkatkan suplai darah ke lengan yang divaksinasi.

Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)
Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)

Seperti yang kita tahu, vaksin Covid-19 memang disuntikan di bagian lengan atas, di area otot. Hal ini bisa menyebabkan lengan terasa sakit. Berdasarkan data uji coba vaksin Covid-19, 1 dari 10 orang mengalami rasa sakit di tempat suntikan, bengkak hingga ruam.

"Reaksi ini adalah hal normal yang menandakan sistem kekebalan tubuh sedang bekerja sehingga terjadi peradangan di area otot," kata Dr Chin-Hong.

Peradangan menunjukkan vaksin bekerja untuk memicu sistem kekebalan tubuh. Kemudian, otot lengan perlahan melepaskan vaksin ke sel-sel kekebalan, yang menyebabkan peradangan.

Tapi, Dr Chin-Hong mengatakan bahwa mengayunkan tangan setelah suntik vaksin Covid-19 dan menyebarkan vaksin lebih cepat membantu mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: Lagi, WHO Tegaskan Virus Corona Penyebab Covid-19 Bukan Buatan Manusia

Meski begitu, Anda juga tidak bisa melakukan gerakan seperti kincir angin itu segera setelah suntik vaksin Covid-19 baru selesai. Karena, inokulasi harus bekerja terlebih dahulu.

Komentar