alexametrics

Anthony Fauci Sebut Pembuatan Vaksin Covid-19 Bantu Pengembangan Vaksin HIV

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Anthony Fauci Sebut Pembuatan Vaksin Covid-19 Bantu Pengembangan Vaksin HIV
Ilustrasi vaksin Covid-19. [Shutterstock]

Fauci sendiri merupakan mantan penyidik senior National Institutes of Health, saat krisis HIV/AIDS melanda pada 1981 silam.

Suara.com - Vaksin Covid-19 tidak hanya mampu mencegah Covid-19, tapi juga membantu proses pengembangan vaksin HIV.

Hal ini diungkap Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular atau NIAID, Dr. Anthony Fauci, sekaligus pakar terkemuka di Amerika Serikat (AS) terkait virus corona baru penyebab pandemi Covid-19.

"Beberapa hal yang kami pelajari dari vaksin Covid-19, pada akhirnya akan membantu kami mengembangkan vaksin HIV yang sukses dan sangat efektif. Jadi kami berharap itu akan terjadi," ujar Fauci mengutip Insider, Kamis (3/6/2021).

Fauci sendiri merupakan mantan penyidik senior National Institutes of Health, saat krisis HIV/AIDS melanda pada 1981 silam.

Baca Juga: Percepat Inokulasi Massal, Vietnam Sasar Vaksin Sputnik Buatan Rusia

Saat itu ia menjadi salah satu peneliti HIV/AIDS terkemuka, ketika epidemi merenggut lebih dari 700.000 orang di Amerika.

Kala itu Fauci menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mencari solusi mengatasi krisis HIV/AIDS, yang pada akhirnya membawa dia menjadi direktur NIAID.

Kini di 2021, meski vaksin HIV belum berhasil dibuat namun proses pengembangan vaksin Covid-19 membuatnya dan para spesialis lain terinspirasi untuk kembali mengambangkan vaksin, dengan metode yang sama.

HIV dan Covid-19 adalah dua penyakit yang berbeda. Covid-19 disebabkan infeksi virus corona baru atau SARS CoV 2, yang ditularkan melalui percikan air liur atau droplet masuk melalui saluran pernapasan seperti hidung dan mulut.

Sedangkan AIDS adalah penyakit yang disebabkan virus human immunodeficiency virus (HIV) yang merusak sistem kekebalan tubuh, ditularkan melalui penggunaan jarum suntik bersama dan hubungan seksual. 

Baca Juga: Lengan Sakit Usai Suntik Vaksin Covid-19? Coba Gerakan Ini untuk Mengurangi Nyeri

Komentar