alexametrics

CEK FAKTA: Benarkah Makan 3 Bawang Merah dan Perasan Lemon Bisa Obati Virus Corona?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
CEK FAKTA: Benarkah Makan 3 Bawang Merah dan Perasan Lemon Bisa Obati Virus Corona?
Ilustrasi bawang merah (Envato elements by katrinshine)

Makan bawang merah 3 kali sehari dan air lemon diklaim bisa membantu mengatasi virus corona Covid-19.

Suara.com - Pengobatan tradisional sering menjadi pilihan banyak orang untuk berbagai jenis penyakit, termasuk virus corona Covid-19. Padahal, metode pengobatan itu mungkin belum teruji klinis atau mungkin membahayakan kesehatan tubuh.

Beberapa waktu lalu, seorang pengguna Facebook Pam Vredenburg membagikan metode pengobatan tradisional untuk mengatasi virus corona Covid-19 menggunakan bawang merah dan perasan lemon.

"Makanlah bawang merah 3 kali sehari, balurkan garam laut di dekat hidung. Tidur dengan posisi tengkurap selama 2 jam. Teteskan air perasan lemon ke hidung untuk melawan Covid-19," kata Pam Vredenburg.

Berdasarkan hasil penelusuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dilansir dari laman resmi Satgas Covid-19 Indonesia, bahwa tidak ada bukti kalau meneteskan air perasan lemon ke hidung bisa mencegah maupun mengobati virus corona Covid-19.

Baca Juga: LIPI Teliti Ekstrak Jamur untuk Lawan Virus Corona Pemicu COVID-19

Dr Chandra Veer Singh, Konsultan Ahli Otolaryngologi dan Ahli Bedah Onkologi Kepala dan Leher, Rumah Sakit Wockhardt Mira Road, Mumbai dilansir dari Times Now News, mengatakan lemon adalah sumber vitamin C dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Hoax bawang merah bisa mengobati virus corona (Facebook/Pam Vredenburg)
Hoax bawang merah bisa mengobati virus corona (Facebook/Pam Vredenburg)

Tapi, dua tetes air perasan lemon di hidung ini tidak berfungsi untuk mengatasi virus corona Covid-19. Tetesan air lemon ini juga akan merusak silia mukosa hidung dan menyebabkan sinusitis.

"Virus corona Covid-19 masuk ke tubuh melalui sel-sel reseptor ACE yang ada di pembuluh darah, paru-paru, tenggorokan dan mukosa hidung. Karena itu, meneteskan air perasan lemon ke hidung justru menyebabkan banyak iritasi dan edema mukosa hidung," jelas Dr Chandra.

Akibatnya, bagian tubuh itu akan teriritasi dan meradang karena ada penyakit yang disebut sinusitis di dalam hidung dan pembengkakan hidung meningkat.

Sakit kepala dan bengkak pada mata yang disebabkan air lemon juga bisa menjadi salah satu metode pengobatan yang berisiko dan tidak memberikan manfaat apapun untuk virus corona.

Baca Juga: Nenek 60 Tahun di Batam Terpapar Virus Corona Varian Baru B117

Jadi, klaim yang menyebutkan menteskan air perasan lemon ke hidung bisa menyembuhkan virus corona Covid-19 itu tidak benar. Tidak ada studi ekstensif untuk membuktikan atau menyangkal klaim ini.

Komentar