alexametrics

Hati-hati, 5 Makanan Ini Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Hati-hati, 5 Makanan Ini Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh
Ilustrasi makanan (Pixabay.com/cgdsro)

Beberapa makanan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Suara.com - Sistem kekebalan tubuh yang kuat bertindak sebagai garda terdepan untuk melindungi tubuh dari infeksi virus, bakteri dan penyakit serius lainnya.

Pada masa pandemi virus corona Covid-19 sekarang, semua orang wajib menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi dirinya dari virus.

Tapi dilansir dari Times of India, banyak yang tidak sadar bahwa makanan tertentu bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

1. Gula

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Kaltim Belum Mereda, dalam Sehari 78 Orang Terpapar Virus Corona

Makanan tinggi gula tambahan bisa meningkatkan kadar gula darah Anda dan meningkatkan produksi protein inflamasi, seperti tumor nekrosis alfa, protein C-reaktif dan interleukin-6, yang semuanya bisa berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, gula darah tinggi bisa merusak fungsi bakteri usus, menyebabkan ketidakseimbangan yang bisa mempengaruhi respons kekebalan Anda dan membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi.

Ilustrasi gula. (Freepik.com/jcomp)
Ilustrasi gula. (Freepik.com/jcomp)

2. Garam

Terlalu banyak garam dalam tubuh bisa memicu peradangan dan meningkatkan risiko penyakit autoimun. Sayangnya, makanan seperti roti, keripik kemasan dan produk kemasan lainnya biasanya mengandung garam yang cukup banyak.

Padahal, garam bisa menghambat fungsi normal sistem kekebalan tubuh, menekan respons anti-inflamasi dan mengubah bakteri usus. Jadi, lebih baik batasi konsumsi garam harian Anda.

Baca Juga: Afrika Selatan Hadapi Gelombang Ketiga Virus Corona, Kasus Baru Tembus 9.000 Dalam Sehari

3. Gorengan

Makanan yang digoreng disebut produk akhir glikasi lanjutan (AGEs), yang terbentuk ketika gula bereaksi dengan protein atau lemak selama memasa dalam suhu tinggi.

Tingkat AGE yang terlalu tinggi dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan sel. Hal ini bisa melemahkan sistem kekebalan dalam berbagai cara, termasuk peradangan, menguras mekanisme antioksidan tubuh, termasuk disfungsi seluler dan berdampak negatif pada bakteri usus.

Jadi, lebih baik kurangi makanan yang digoreng untuk menjaga sistem kekebalan, seperti keripik kentang, ayam goreng, kentang goreng, ikan yang digoreng dan lainnya.

4. Kafein

Kopi dan teh memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk melindungi kesehatan. Tapi, terlalu banyak asupan kafein bisa mengganggu tidur Anda, yang bisa meningkatkan respons peradangan dan mengganggu kekebalan.

Jika Anda ingin meningkatkan kekebalan tubuh, Cobalah hindari minuman berkafein tanpa nutrisi dan memiliki tambahan pemanis buatan. Jangan minum teh atau kopi 6 jam sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur malam.

5. Alkohol

Studi menunjukkan bahwa melampaui konsumsi moderat bisa mempengaruhi respons kekebalan tubuh secara signifikan. Selain itu, alkohol juga meningkatkan kerentanan seseorang terhadap penyakit, seperti pneumonia dan masalah pernapasan lainnya.

Komentar