alexametrics

Gary Iskak Dirawat Karena Kanker Hati, Kenali Sebab dan Faktor Risikonya

Bimo Aria Fundrika
Gary Iskak Dirawat Karena Kanker Hati, Kenali Sebab dan Faktor Risikonya
Foto Close Up wajah Gary Iskak saat ditemui di Kawasan Tandean, Jakarta Selatan, Selasa (28/7). [Suara.com/Alfian Winanto]

Manajer Gary Iskak, Aiz, yang dikonfirmasi tak membantah. Dia juga minta doa agar bintang film D'Bijis itu segera pulih

Suara.com - Penyakit yang selama ini dialami oleh Gary Iskak akhirnya terungkap. Suami Richa Novisha itu ternyata dirawat di rumah sakit karena idap kanker hati.

"Mohon doa terbaik buat rekan dan sahabat kita aktor Gary Iskak yang saat ini sedang dirawat di RS Pertamina Pusat karena didiagnosa terkena penyakit sirosis/kanker hati akut. Semoga segera diberikan kesembuhan dan bisa beraktivitas kembali aamiin..," tulis Vera Chang, dikutip Jumat (18/6/2021).

Manajer Gary Iskak, Aiz, yang dikonfirmasi tak membantah. Dia juga minta doa agar bintang film D'Bijis itu segera pulih.

Sebenarnya, apa sih penyabab seorang bisa mengalami kanker liver? Dilansir dari Mayo Clinic, kanker hati terjadi ketika sel-sel hati mengembangkan perubahan (mutasi) dalam DNA mereka.

Baca Juga: Deteksi Kanker Hati Sejak Dini dengan Pemantauan Rutin Hepatitis

Aktor Gary Iskak saat ditemui awak media di Kawasan Tandean, Jakarta Selatan, Selasa (28/7). [Suara.com/Alfian Winanto]
Aktor Gary Iskak saat ditemui awak media di Kawasan Tandean, Jakarta Selatan, Selasa (28/7). [Suara.com/Alfian Winanto]

DNA sel adalah bahan yang memberikan instruksi untuk setiap proses kimia dalam tubuh Anda. Mutasi DNA menyebabkan perubahan pada instruksi ini.

Salah satu hasilnya adalah bahwa sel-sel mungkin mulai tumbuh di luar kendali dan akhirnya membentuk tumor – kumpulan sel kanker.

Kadang-kadang penyebab kanker hati diketahui, seperti pada infeksi hepatitis kronis. Tetapi terkadang kanker hati terjadi pada orang yang tidak memiliki penyakit yang mendasarinya dan tidak jelas apa penyebabnya.

Namun, bisa menghindarinya dengan mengetahui faktor risikonya. Seperti diketahui, bahwa faktor yang meningkatkan risiko kanker hati primer:

Infeksi kronis dengan HBV atau HCV.

Baca Juga: Konsumsi Kopi Setiap Hari Bisa Turunkan Risiko Kanker Hati

Infeksi kronis dengan virus hepatitis B (HBV) atau virus hepatitis C (HCV) meningkatkan risiko kanker hati.
Sirosis.

Komentar