alexametrics

9 Manfaat Jalan Kaki yang Anda Belum Tahu, Salah Satunya Meningkatkan Mood

Vania Rossa
9 Manfaat Jalan Kaki yang Anda Belum Tahu, Salah Satunya Meningkatkan Mood
Ilustrasi jalan kaki. (Shutterstock)

Lagi stres? Coba tingkatkan mood dengan jalan kaki!

Suara.com - Selama ini, jalan kaki dikenal sebagai salah satu aktivitas fisik yang ampuh membantu membakar kalori. Jalan kaki juga dapat menjaga kesehatan tubuh, misalnya menjaga jantung tetap sehat, menurunkan risiko diabetes, serta mencegah obesitas. Tapi selain itu, jalan kaki juga memberikan manfaat lain yang mungkin Anda tak duga.

Jalan kaki, baik yang dilakukan dengan niat olahraga sambil mengenakan sepatu kets, jalan kaki di atas treadmill, atau jalan kaki santai sambil ngobrol bersama teman, memberi manfaat yang sama. Apa saja?

Inilah 9 manfaat yang akan Anda dapat begitu Anda mulai membiasakan diri jalan kaki setengah jam sehari, seperti dilansir dari Prevention.

1. Meningkatkan mood
Segelas wine atau satu batang cokelat mungkin bisa meningkatkan mood Anda yang sedang buruk. Tetapi, jalan kaki menawarkan manfaat yang sama tanpa membuat Anda mendapatkan tambahan kalori.

Baca Juga: Jalan Kaki dan Kehujanan Demi Ikut Tes Kerja, Dengar Kata-kata HRD Mental Auto Drop

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa hanya 10 menit jalan kaki dapat mengangkat semangat Anda. Efeknya mungkin lebih kuat jika Anda berjalan-jalan di tengah pepohonan atau tanaman hijau.

“Penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki secara teratur benar-benar mengubah sistem saraf Anda sehingga Anda akan mengalami penurunan emosi,” kata Melina B. Jampolis, M.D., penulis buku The Doctor on Demand Diet.

2. Memperpanjang umur
Satu penelitian menemukan bahwa orang yang melakukan 10 hingga 59 menit olahraga sedang (seperti jalan cepat) setiap minggu memiliki risiko kematian 18% lebih rendah selama masa studi dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif. Sementara itu, orang yang menyelesaikan latihan mingguan 150 menit yang direkomendasikan dalam setidaknya 10 menit memiliki risiko kematian 31% lebih rendah. Penelitian lain menunjukkan semakin cepat Anda berjalan, semakin rendah juga risiko kematian.

3. Meningkatkan kekuatan otak
Dalam sebuah penelitian, pemindaian otak orang yang berjalan cepat selama satu jam tiga kali seminggu menunjukkan area pengambilan keputusan di otak mereka bekerja lebih efisien daripada orang yang menghadiri seminar pendidikan.
Penelitian lain menunjukkan bahwa ketika anak-anak menghabiskan 20 menit berjalan di atas treadmill, kinerja mereka pada tes akademik meningkat. Para ahli berpikir manfaat ini bisa jadi disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke otak saat olahraga.

4. Dapat membantu meringankan nyeri sendi
Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan, bahwa jalan kaki akan membuat nyeri sendi semakin parah, faktanya berjalan akan meningkatkan aliran darah ke area yang tegang dan membantu memperkuat otot-otot di sekitar persendian Anda.

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Jalan Kaki Juga Bisa Menurunkan RIsiko Penyakit Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki setidaknya 10 menit sehari — atau sekitar satu jam setiap minggu — dapat mencegah kecacatan dan nyeri radang sendi pada orang dewasa yang lebih tua. Sebuah studi tahun 2019 di American Journal of Preventive Medicine mengikuti 1.564 orang dewasa berusia di atas 49 tahun dengan nyeri sendi tubuh bagian bawah. Peserta yang berjalan selama satu jam setiap minggu lebih mungkin untuk tetap bebas dari kesakitan empat tahun kemudian.