alexametrics

Cara Usir Lelah Usai Bekerja Ala Nabi, Ini Saran Dokter Zaidul Akbar

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Cara Usir Lelah Usai Bekerja Ala Nabi, Ini Saran Dokter Zaidul Akbar
Ilustrasi kelelahan di pagi hari. (Shutterstock)

Menurut Dokter Zaidul Akbar ini terjadi karena terlalu banyak paparan benda-benda elektromagnetik.

Suara.com - Banyak orang yang mengaku masih saja merasa lelah meskipun sudah beristirahat selama dua hari dalam sepekan. Menurut Dokter Zaidul Akbar ini terjadi karena terlalu banyak paparan benda-benda elektromagnetik.

Sehingga ia menyarankan ada baiknya saat tidur atau beristirahat di akhir pekan menghindari gadget seperti ponsel, laptop hingga televisi.

"Misalnya di dalam kamar, kalau lagi tidur malam jangan dekat handphone, televisi atau benda-benda yang memancarkan gelombang elektromagnetik ke tubuh. Kecuali kalau memang lagi butuh dekat, atau lagi piket pekerjaan," ujarnya dalam kanal YouTube dr. Zaidul Akbar dikutip suara.com, Sabtu (24/7/2021).

Bukan hanya benda elektronik, dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) itu juga menyarankan tidur dalam keadaan gelap, atau cahaya redup.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Sehari-hari Menurut dr. Zaidul Akbar

Dokter Zaidul Akbar. (Dok: YouTube/dr. Zaidul Akbar Official)
Dokter Zaidul Akbar. (Dok: YouTube/dr. Zaidul Akbar Official)

Dengan cara ini, kata dia, otak akan mudah beristirahat dan tidak dirangsang untuk bekerja sehingga regenerasi sel dan proses produksi hormon akan meningkat, sebagaimana yang disarankan Nabi Muhammad SAW.

"Lalu tidurnya Nabi Muhammad memerintahkan untuk mematikan lampu sehingga benar-benar gelap, atau sedikit cahaya saja," imbuhnya.

Tidur dalam keadaan gelap atau cahaya redup juga akan mudah mengistirahatkan mata karena mata tidak lagi mengirim sinyal yang harus diserap dan merangsang kinerja otak. Hasilnya, usai terbangun tidur tubuh tetap merasa lelah karena otak bekerja sepanjang malam.

dr. Zaidul menambahkan berhubungan langsung dengan alam, seperti menyentuh tanah tanpa alas kaki akan bantu menetralkan gelombang elektromagnetik. Ditambah ia juga menyarankan untuk main hujan atau pergi ke hutan.

"Main hujan atau pergi ke hutan, itu juga salah satu cara kita untuk menetralkan gelombang elektromagnetik yang mungkin bermasalah atau selalu terpapar benda-benda elektronik," pungkasnya.

Baca Juga: Dokter Zaidul Akbar Sarankan Pasien Kanker Puasa Daud dan 4 Berita Terpopuler Lainnya

Komentar