alexametrics

Mungkinkah Dudukan Toilet Picu Infeksi Menular Seksual? Simak Kata Ahli

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana
Mungkinkah Dudukan Toilet Picu Infeksi Menular Seksual? Simak Kata Ahli
Ilustrasi toilet duduk. (Shutterstock)

Berikut penjelasan ahli tentang kekhawatiran terinfeksi penyakit menular seksual di toilet.

Suara.com - Bagi perempuan, mereka buang air kecil dengan menempelkan tubuh ke dudukan toilet. Hal ini mungkin bisa tak menyehatkan, namun dapatkah berisiko sebabkan infeksi menular seksual (IMS)?

Melansir dari Healthsots, Dokter Tanaya Narendra dalam Instagramnya menyataakan bahwa sederhananya Anda tidak akan tertular IMS dari dudukan toilet. Namun, bukan berarti Anda merasa tidak masalah dengan menggunakan toilet yang kotor dan tidak higienis.

Dalam upaya untuk tidak terkena infeksi, banyak perempuan akhirnya jongkok di toilet duduk, bukannya duduk. Ini mengganggu karena sering kali dudukan toilet terkena percikan air seni.

Dokter Narendra mengklarifikasi bahwa untungnya, Anda tidak bisa terinfeksi IMS dari dudukan toilet. Jika pasangan Anda memberi tahu Anda bahwa mereka terkena klamidia dari dudukan toilet, mereka jelas salah informasi atau berbohong. 

Baca Juga: Melakukan Hubungan Seksual Bisa Sebabkan Keracunan, Begini Prosesnya!

IMS adalah infeksi yang Anda dapatkan dari kontak seksual, baik melalui cara oral atau sebaliknya. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri, virus, dan bahkan parasit.

Bakteri, virus, dan bahkan parasit ini berkembang biak dan hidup membutuhkan suhu hangat. Artinya, mereka tidak bertahan hidup di luar tubuh manusia, termasuk dudukan toilet. 

Ilustrasi tombol penyiram di kloset duduk. (Shutterstock)
Ilustrasi tombol penyiram di kloset duduk. (Shutterstock)

"Parasit, seperti kutu kemaluan tidak dapat bertahan hidup di permukaan dudukan toilet yang halus dan berkilau," catat dokter Narendra. 

Lalu, bagaimana dengan toilet umum?

Sementara ini, Anda harus berhati-hati jika toilet tampak higienis karena infeksi lain dapat terjadi karena dudukan toilet. Namun kemungkinan terkena IMS adalah nihil. 

Baca Juga: Bakteri Penyebab Keracunan Makanan Ini Bisa Menular Saat Aktivitas Seksual

Cuci tangan Anda secara teratur untuk mengurangi kemungkinan terkena infeksi dan juga mencegah penularan lebih lanjut. Hindari membawa barang-barang pribadi Anda ke kamar kecil karena dapat kotor dan terinfeksi.

Selalu jatuhkan tutup dudukan toilet saat Anda menyiram. Jangan meletakkan tas atau aksesori lainnya di lantai toilet untuk membantu mengurangi kemungkinan Anda terkena infeksi lain yang mungkin disebabkan oleh toilet.

Komentar