Bebas Kram Menstruasi, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Persiapkan di Hari Pertama

Vania Rossa
Bebas Kram Menstruasi, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Persiapkan di Hari Pertama
Ilustrasi kram menstruasi (pexels)

7 tips berikut bisa dicoba agar hari pertama menstruasi berjalan lancar dan bebas hambatan.

Suara.com - Hari pertama menstruasi adalah hari yang berat bagi sebagian besar perempuan. Belum lagi jika kram melanda. Duh, serba salah jadinya.

Tentu saja, setiap perempuan ingin mengalami periode menstruasi yang lancar tanpa kram ataupun keluhan lainnya. Untuk itu, coba kamu lakukan 7 tips berikut agar menstruasi lancar dan bebas dari kram, seperti melansir dari Bright Side.

1. Kaus kaki panas
Jika kram terlalu parah untuk ditanggung, gunakan botol atau kaus kaki panas buatan sendiri yang diisi dengan nasi dan di-microwave selama beberapa menit.

2. Gunakan celana dalam menstruasi
Hari pertama menstruasi biasanya volume darah yang keluar sedang banyak-banyaknya. Jika Anda tak yakin pembalut mampu menahannya, Anda bisa menggunakan celana dalam menstruasi yang dapat membantu mencegah kebocoran.

3. Konsumsi makanan kaya kalium
Makanan kaya kalium diketahui dapat membantu mengatasi kram, membuat hari pertama menstruasi menjadi lebih mudah bagi Anda. Apa yang harus Anda konsumsi untuk mendapatkan kalium? Makan saja pisang sebanyak yang Anda mau!

Baca Juga: Menstruasi Seperti Kencing, Melaney Ricardo Harus Angkat Rahim

4. Stop camilan asin
Camilan asin hanya akan memperburuk kram dan pembengkakan yang Anda alami selama menstruasi. Stop camilan asin, dan ganti dengan buah-buahan dan makanan tawar.

5. Nol kafein
Kafein membuat kram Anda semakin parah. Jadi, hindari kopi sama sekali. Anda bisa menggantinya dengan teh herbal atau air putih hangat.

6. Obat penghilang rasa sakit
Ketika kram tak kunjung hilang, dan beragam cara yang sudah Anda lakukan tidak juga membantu, obat penghilang rasa sakit bisa menjadi penyelamat.

7. Lakukan yoga
Jika Anda lebih suka menghindari obat penghilang rasa sakit, maka berolahragalah. Yoga adalah salah satu pilihan terbaik selama menstruasi. Ini membantu Anda untuk rileks dan bermeditasi, sehingga membantu meredakan kram.

Baca Juga: Melaney Ricardo Operasi Angkat Rahim agar Tak Kesakitan Lagi saat Haid, Berapa Biayanya?