alexametrics

Perempuan yang Menstruasi Dini Berpotensi Alami Gejala Menopause Lebih Parah

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana
Perempuan yang Menstruasi Dini Berpotensi Alami Gejala Menopause Lebih Parah
Ilustrasi menstruasi, tampon, pembalut (Unsplash)

Menstruasi dini sering kali disebut berpotensi tingkatkan risiko alami gejala menopause lebih berat.

Suara.com - Setiap perempuan mengalami banyak perubahan sepanjang hidupnya. Perubahan ini bisa fisik atau mental. Dari segi fisik, salah satu perubahan besar yang terjadi pada tubuh perempuan adalah ketika seorang gadis memasuki masa puber atau mencapai usia remaja, ditadai dengan menstruasi

Melansir dari Healthshots, biasanya seorang perempuan mengalami menstruasi pertamanya ketika dia berusia sekitar 12 atau 13 tahun. Lalu, normalkah alami menstruasi sebelum usai 12 tahun?

Ada begitu banyak kasus perempuan yang mendapatkan menstruasi pertama mereka antara usia 10 hingga 12 tahun. Jika itu masalahnya, kemungkinan Anda akan menderita lebih banyak masalah di tahap menopause.

Sebuah penelitian dalam BJOG: an International Journal of Obstetrics & Gynaecology yang dipimpin oleh School of Public Health, University of Queensland (UQ), menemukan bahwa perempuan yang mengalami menstruasi dini memiliki risiko lebih besar untuk sering merasa panas dan berkeringat di malam hari saat menopause dibandingkan pada peremouan yang mengalami menstruasi pertama pada usia 14 tahun.

Baca Juga: Bebas Kram Menstruasi, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Persiapkan di Hari Pertama

Studi ini menganalisis data dari lebih dari 18.000 perempuan paruh baya di Inggris, Amerika Serikat, dan Australia, sebagai bagian dari kolaborasi internasional Life-course Approach to Reproductive Health and Chronic Disease Events (InterLACE). Kelompok perempuan dibandingkan dengan wanita yang mengalami menstruasi pertama pada usia 14 tahun atau lebih.

Ilustrasi sakit menstruasi (pexels)
Ilustrasi sakit menstruasi (pexels)

Studi ini mengungkapkan bahwa tidak hanya perempuan yang mengalami menstruasi dini, tetapi mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas di usia paruh baya juga berisiko dua kali lebih besar mengalami peningkatan gejala menopause.

Menstruasi dini sebelumnya telah dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang merugikan di kemudian hari, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Meskipun Anda tidak dapat mengontrol usia saat Anda mendapatkan menstruasi, apa yang dapat Anda lakukan sebagai orang dewasa adalah menjaga kesehatan Anda dengan lebih baik untuk memastikan menopause adalah urusan yang relatif mudah bagi Anda.

Baca Juga: Biar Nggak Kelewat Nyeri, Yoga atau Olahraga Aerobik Bisa Membantu Atasi Kram Menstruasi

Komentar