facebook

6 Penyebab Luka Tidak Lekas Kering, Waspadai Resiko Seriusnya

Rifan Aditya
6 Penyebab Luka Tidak Lekas Kering, Waspadai Resiko Seriusnya
Penyebab luka tidak lekas kering - Ilustrasi luka. (Shutterstock)

Penyebab luka tidak lekas kering bisa jadi tanda Anda mengidap penyakit kronis.

Suara.com - Hampir setiap orang tentu pernah mengalami luka luar akibat suatu hal. Bisa karena goresan benda tajam, jatuh, atau penyebab-penyebab lainnya. Namun mungkin anda belum tahu penyebab luka tidak lekas kering.

Kecepatan penyembuhan luka pada beberapa orang ini berbeda. Ada yang cepat dan lekas kering. Tapi ada orang yang sering mengalami luka tidak lekas kering. Jika Anda seperti itu harap berhati-hati. Sebab, penyebab luka tidak lekas kering bisa jadi tanda Anda mengidap penyakit kronis.

Penyebab Luka Tidak Lekas Kering

Suara.com telah merangkum dari berbagai sumber terkait penyebab luka tidak lekas kering, berikut ini.

Baca Juga: Studi: Ejakulasi 21 Kali Sebulan Kurangi Risiko Kanker Prostat

1. Kurangnya Nutrisi yang Masuk

Pemulihan luka akan bergantung pada kondisi tubuh. Idealnya pada tubuh yang sehat, maka luka luar akan kering dengan cepat.

Ketika luka luar tak lekas kering, bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Anda kurang mendapatkan asupan nutrisi. Konsumsi makanan bergizi dan nutrisi tinggi, agar tubuh memiliki kemampuan untuk pulih lebih cepat.

2. Kandungan Nikotin

Selain kurangnya asupan nutrisi, nikotin dalam rokok juga bisa jadi penyebab luka tak lekas kering. Nikotin secara langsung akan menurunkan aliran darah pada bagian kulit, sehingga jaringan yang rusak pada luka luar tak kunjung pulih. Ada baiknya ketika mengalami luka luar, kurangi atau berhenti merokok.

Baca Juga: Jenis Buah Mangga Ini Diklaim Bisa Turunkan Kadar Gula Dalam Darah

3. Pada Tingkat Parah, Bisa Jadi Disebabkan Kanker

Komentar